DomestikHot NewsNews

1 Mei Terminal 3 Ditargetkan Beroperasi Penerbangan Internasional

Infopenerbangan – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan verifikasi di terminal 3 bandara internasional Soekarno – Hatta, Tangerang, Banten. Hal itu dalam upaya mengejar target beroperasinya penerbangan iternasional oleh maskapai Garuda Indonesia pada 1 Mei 2017 mendatang.

Direktur Bandara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Yudhi Sari, mengatakan saat ini Direktorat Perhubungan Udara terus melakukan verifikasi, baik untuk segi keamanan penerbangan dan bandar udara. “Kami terus melakukan terus verivikasi-verifikasi supaya pas tanggal satu bisa beroperasi untuk rute domestik dan internasional namun sementara hanya untuk maskapai Garuda Indonesia” katanya ditemui di PT Angkasa Pura II, Selasa (4/4).

Setelah itu terverifikasi, kita akan lakukan berbagai simulasi dahulu, seperti simulasi dengan teks hingga simulasi besar, hal tersebut dilakukan supaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. “Saya kira soal kekurangan yang mandatori kemarin bisa teratasi, saya optimis tanggal 1 Mei nanti dapat tercapai dan terlaksana dengan baik sesuai arahan bapak Menteri, ” jelasnya kepada Infopenerbangan.com.

Ditanya soal penerbangan interansional untuk maskapai lainnya, Yudhi mengungkapkan akan melihat kesiapan terlebih dahulu setelah maskapai Garuda Indonesia itu. Jika tidak ada halangan, satu atau dua bulan setelah bulan Mei bisa juga maskapai lainnya dengan rute internasional masuk ke terminal tiga.

Menanggapi hal ini, Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Djoko Murdjatmojo mengatakan, pada Lebaran tahun ini, Terminal 3 akan beroperasi sepenuhnya. Saat ini, upaya persiapan pengoperasian untuk penerbangan internasional Garuda Indonesia dan semua maskapai penerbangan internasional, yang tergabung dalam Skyteam, terus dilakukan. ‚ÄúPersiapan sudah lebih dari 90 persen,” kata Djoko. (*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker