DomestikHot NewsNews

2016 Garuda Indonesia Layani Penerbangan di Bandar Udara Pondok Cabe

Infopenerbang – Tidak akan lama lagi, Bandar Udara Pondok Cabe di Pamulang, Tangerang Selatan akan melayani penerbangan komersilal, tepatnya mulai Maret 2016 mendatang. Rencana optimalisasi Bandara Pondok Cabe ini ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) pemanfaatan aset bersama antara Pertamina dan Garuda, sebagai bagian dari sinergi BUMN dan strategi kemitraan global, di Jakarta kemarin.

Maskapai Garuda Indonesia memastikan akan membuka penerbangan dari Bandar udara milik PT Pertamina (persero) ini, dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 72 penumpang.

(Baca: Sinergi Aviasi Garuda Indonesia dan Pertamina)

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo memperkirakan pada Februari atau Maret 2016 bandara tersebut telah bisa dilandasi pesawat jenis ATR 72-600. Arif mengatakan, Investasi yang seluruhnya di biayai oleh Pertamina ini pada tahap awal akan dilakukan perbaikan landasan pacu Pondok Cabe sepanjang 2.200 meter dengan lebar 45 meter, termasuk perbaikan fasilitas terminal. Diperkirakan pada tahap awal operasi komersial, bandara udara Pondok Cabe akan memiliki frekuensi 50 kali penerbangan perhari atau 25 slot penerbangan keluar dan 25 slot penerbangan masuk.

”Karena secara operasional, panjang runway dan sebagainya telah memenuhi,” ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin. Arif menuturkan ada delapan rute yang direncanakan, yakni Lubuklinggau, Pangkalan Bun, Palembang, Semarang, Ketapang, Yogyakarta, Tanjung Karang, dan Cilacap. Menurut Arif, rute bisa juga disesuaikan dengan daerah-daerah yang menjadi wilayah kerja pengoperasian kilang-kilang migas Pertamina. ”Pertamina memiliki beberapa pesawat Pelita Air Service yang membutuhkan lapangan udara memadai untuk didarati,” katanya.

Arif menambahkan bahwa, di bandar udara Pondok Cabe Garuda akan melayani sekitar 3.600 penumpang per hari.  (Fjn)

Foto: atraircraft.com

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker