HighlightHot NewsRagam

“Alergi” Penerbangan Perintis, 800 Pilot Indonesia Masih Nganggur

Infopenerbangan.com, -Ribuan gugusan kepulauan di Indonesia patutnya menjadi salah satu faktor bertumbuh pesatnya transportasi, khususnya pada moda transportasi udara. Seiring itu, tentunya kebutuhan pesawat dan pilot akan meningkat.

Di Indonesia setiap tahunnya lulusan pilot terus bertambah, namun sayangnya para lulusan penerbang itu belum optimal terserap dan bekerja sesuai harapannya.

Meliat hal itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengaku prihatin saat ini terdapat kurang lebih 800 orang pilot Indonesia menganggur. Lain halnya dengan pilot asing yang mudah bekerja di industri penerbangan Indonesia.

”Kita harus introspeksi diri terhadap apa yang terjadi pada pendidikan pilot kita,” ujar Budi dikutip dari liputan 6, Jumat (4/11/2016).

Selain itu menurut Budi para calon pilot di Indonesia banyak yang tidak mau bekerja pada pada rute penerbangan perintis. “Di satu sisi kualitasnya mereka belum teruji namun mereka tidak mau bekerja pada dunia penerbangan perintis, yang seharusnya awal-awalnya proses belajar dilakukan di situ,” tambahnya.

Membacca situasi in, Menhub  mengharapkan adanya upaya yang lebih kuat dari Ikatan Pilot Indonesia untuk dapat mendedikasikan diri dan profesionalisme profesinya kepada dunia penerbangan perintis di Indonesia.

“Di Papua itu ada banyak rute-rute yang menantang. Ini suatu tantangan bagi pilot Indonesia. Kita harapkan asosiasi pilot dapat melakukan suatu studi yang lebih mendalam tentang apa yang dapat dilakukan dunia aviasi disana,” papar Budi.

Menhub berinisiatif bahwa Kementerian Perhubungan akan kembali menyeleksi 800 orang pilot tersebut untuk dapat dididik kembali sebelum nantinya akan ditawarkan kembali kepada dunia penerbangan. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker