DESTINATIONNews

ANGKASA PURA II DAN CITILINK SIAP LAYANI PENERBANGAN CHARTER INTERNASIONAL DARI BANDARA RAJA HAJI FISABILILLAH

PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan penambahan layanan penerbangan charter internasional di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah dengan rute Tanjungpinang (TNJ) – Wuhan (WUH) yang mulai beroperasi pada 17 Desember 2016.

Penerbangan charter internasional ini pun sekaligus mengembalikan status Bandara Raja Haji Fisabilillah yang sebelumnya berstatus bandara domestik menjadi bandara internasional, dimana hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.

Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Udara termasuk fasilitas CIQ (Custom, Imigration, Quarantine) pun telah disiapkan di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan kebijakan pemberlakuan bebas visa kunjungan dari 169 negara. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2016 tanggal 2 Maret 2016 tentang Kunjungan Bebas Visa Kunjungan, serta Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.17 Tahun 2016 tanggal 20 April 2016 tentang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bagi Orang Asing Mendapatkan Bebas Visa Kunjungan.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, “Kami mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sehingga penerbangan charter internasional perdana ini terealisasi. Kami berharap penerbangan ini mampu menumbuhkan aktivitas-aktivitas ekonomi baru dan meningkatkan daya saing industri pariwisata di Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang. Kami juga mengapresiasi Kementerian Pariwisata atas segala support yang telah diberikan, khususnya Menteri Pariwisata yang selalu mendorong kami untuk senantiasa meningkatkan pelayanan demi kepuasan pengguna jasa bandara.”

Tanjungpinang sendiri merupakan salah satu daerah Free Trade Zone dimana investasi tengah tumbuh pesat dan menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara terbesar ke-3 di Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan wisata bahari dan golf.

“Dengan beroperasinya penerbangan charter internasional ke China oleh Citilink Indonesia di Tanjungpinang, diharapkan semakin meningkatkan frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Langkah ini juga merupakan komitmen AP II dalam mendukung program strategis Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia” pungkas Muhammad Awaluddin.

Penerbangan charter internasional dengan rute dari Tanjungpinang (TNJ) – Wuhan (WUH) oleh Citilink Indonesia secara bertahap akan dikembangkan kemudian dengan penambahan dengan rute 12 kota lainnya di China.

President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan pada acara konferensi pers penyambutan penerbangan perdana China – Tanjungpinang menyatakan “Penerbangan ini kita buka sebagai bentuk dukungan Citilink Indonesia terhadap program Nawacita yang menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan yang harus terus didorong pertumbuhannya”.

Albert menjelaskan bahwa antusiasme turis China untuk mengujungi destinasi wisata di Indonesia semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, Citilink membuka berbagai rute yang menghubungkan China dengan berbagai  kota di Imdonesia.Ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia punya berbagai destinasi wisata yang menarik dan luar biasa indah”, kata Albert.

Albert berharap dengan dibukanya rute penerbangan langsung China – Tanjungpinang dapat membantu akselerasi pariwisata Kepulauan Riau sehingga destinasi wisata di Kepulauan Riau dan Tanjungpinang bisa dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Citilink Indonesia akan mendatangkan hampir 7500 wisatawan asal China ke Tanjungpinang dari Desember hingga Maret 2017. Adapun wisatawan ini diantaranya berasal dari Fuzhou, Wuhan, Guiyang, Changsa, dan Zhengzhou.

Selain Tanjungpinang, saat ini Citilink juga telah melayani beberapa rute penerbangan internasional lainnya dari China dan Hong Kong menuju ke Denpasar dan juga Manado.(NP)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker