DomestikHighlight

Angkasa Pura II, Perum LPPNI, dan NATS (Services) Jalin Kerjasama

PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNI) dan NATS (Services) Ltd. untuk meningkatkan kapasitas landas pacu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi 86 pergerakan pesawat per jam dari saat ini 72 pergerakan.

MoU tersebut ditandatangani kemarin oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi, Direktur Utama Perum LPPNI Bambang Tjahjono, dan Managing Director NATS (Services) Ltd. Catherine Mason, serta disaksikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Di dalam kerjasama ini juga disyaratkan adanya alih teknologi kepada pemangku kepentingan dalam negeri seperti PT Angkasa Pura II (Persero), Perum LPPNI, Kementerian Perhubungan, dan juga beberapa universitas.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, “Kami optimistis kerjasama antara tiga institusi ini dapat meningkatkan layanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta khususnya dalam hal operasional penerbangan. Saat ini, AP II dan Perum LPPNI sudah memulai program peningkatan kapasitas menjadi 86 pergerakan pesawat melalui perubahan prosedur, pengembangan infrastruktur, investasi peralatan dan fasilitas, dan peningkatan kompetensi SDM. Adanya kerjasama dengan NATS (Services) Ltd. yang akan berlangsung ini semakin menyempurnakan upaya tersebut.”

“Meningkatnya kapasitas landas pacu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta berarti semakin banyak pesawat lepas landas dan mendarat sehingga akan mengurai kepadatan yang bermuara pada berkurangnya delay atau penundaan keberangkatan dan keterlambatan kedatangan,” tambah Budi Karya Sumadi.

Adapun MoU antara yang ditandatangani hari ini adalah tindak lanjut dari Memorandum of Understanding Between The Government of The Republic of Indonesia and The Government of The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland On The Provision of Services to Optimise Soekarno-Hatta International Airport of Jakarta and Air Traffic Management (ATM) Operations. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker