DomestikHighlight

Angkasa Pura II Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

PT Angkasa Pura II (Persero) bakal menerbitkan surat utang atau obligasi sebesar Rp 2 triliun pada September 2015 ini.

“Dana hasil obligasi akan kami gunakan untuk pendanaan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, overlay landasan, membangun Bandara Kertajati, dan lainnya,” kata Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi.

Dalam menjalankan rencananya itu, Angkasa Pura II telah menunjuk PT Danareksa (Persero) sebagai penjamin emisi. Budi mengatakan, perusahaannya akan memberikan batas waktu pengembalian (tenor) atas obligasi tersebut antara 5-10 tahun dengan menawarkan bunga atau kupon di bawah 10 persen.

Dengan tambahan dana obligasi tersebut, Budi mengatakan, net cash flow AP II akan bertambah menjadi Rp 4 triliun. Jumlah tersebut menurutnya membuat perusahaan nyaman dalam mengeksekusi rencana bisnisnya sampai akhir tahun ini.

“Mengapa dari obligasi, agar net cash flow kami bertambah. Jadi mau bangun yang lain gampang. Selain itu, obligasi ini mengajarkan kami untuk lebih bekerja profesional karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengontrol kami,” ungkapnya.

Sebagai informasi, proyek Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini masih dikerjakan AP II adalah proyek senilai Rp 6 triliun yang diharapkan memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Pada pembukaannya, rencananya Terminal 3 hanya akan melayani 12 juta penumpang terlebih dahulu dan sisanya akan dilayani pada awal tahun 2017.

Sementara kebutuhan belanja modal perusahaan sendiri diperkirakan mencapai Rp 52,7 triliun hingga tahun 2021 yang akan dialokasikan bagi pengembangan 13 bandara yang berada di bawah otoritas perusahaan pelat merah ini.

Untuk tiga tahun pertama, sebagian besar investasi akan difokuskan untuk mencapai target 15 juta penumpang dengan estimasi pendanaan sebesar Rp 34,7 triliun.

“Tahun depan kami sudah berhitung kebutuhan belanja modal kami sekitar Rp 20 triliun,” jelasnya. (*/Eky)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker