DomestikHot NewsNews

Angkutan Lebaran Usai, Dirjen Hubud Instruksikan Tetap Siaga

Infopenerbangan – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, memerintahkan seluruh stakeholder transportasi udara untuk tetap siaga meski angkutan lebaran 2017 telah usai. Menurutnya, pergerakan penerbangan seminggu ke depan masih akan tinggi karena masih berlangsungnya libur sekolah.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso, menghimbau kepada seluruh stakeholder transportasi udara untuk tetap siaga, menjaga kualitas layanan baik oleh personel maupun peralatan penerbangan dan mematuhi standard operation procedure (SOP) serta seluruh regulasi penerbangan yang berlaku.

“Sesuai arahan Menhub, saya telah memerintahkan seluruh stakeholder penerbangan untuk tetap siaga, terus jaga kualitas layanan sesuai aturan yang berlaku,” ungkap Agus, Selasa (4/7).

Dia menambahkan bahwa angkutan udara menjadi salah satu favorit masyarakat dalam angkutan lebaran 2017 ini. “Data yang tercatat hingga hari ini, terjadi peningkatan peningkatan pertumbuhan penumpang mencapai 12,88% pada angkutan lebaran 2017 dibanding tahun sebelumnya.

Selama angkutan lebaran ini berlangsung, Dirjen Perhubungan Udara terjun langsung ke lapangan untuk memastikan operasional transportasi udara berjalan dengan baik di destinasi-destinasi padat pemudik. Terakhir, Dirjen Hubud melakukan ramp check ke Bandara Adisutjipto, Yogyakarta pada Sabtu (1/7) dan melakukan inspeksi ke Tower Air Traffic Controller (ATC) AirNav Indonesia Kantor Cabang Utama Jakarta Air Traffic Services Center (JASTC) di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (2/7) lalu.

Pada kunjungannya ke JATSC, Agus menyampaikan apresiasinya kepada AirNav Indonesia atas layanan navigasi penerabangan yang diberikan selama periode angkutan lebaran 2017.

Meski demikian, Dia tetap mengingatkan seluruh personel AirNav Indonesia agar tetap siaga dan menjaga kualitas layanan navigasi penerbangan yang diberikan di ruang udara Indonesia yang mencapai 5.193.252 Km2.

Didampingi oleh Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto, General Manager Cabang Utama JATSC, Bambang Rianto, dan Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Didiet K. S. Radityo, Agus melakukan inspeksi ke ruangan operasional yang memberikan layanan navigasi penerbangan pada level aerodrome controlled tower (TWR) , approach control unit (APP) dan area control center (ACC).

Pada kesempatan tersebut, Dirut AirNav Indonesia berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Dirjen Hubud kepada AirNav Indonesia dan berkesempatan memberikan paket bingkisan makanan pada para petugas.

“Apresiasi ini layak disematkan kepada seluruh karyawan AirNav Indonesia yang tersebar di 275 Cabang di seluruh Indonesia. Mereka telah bekerja keras, mendedikasikan keahlian, pikiran, ide, gagasan dan tenaganya demi mengantarkan masyarakat Indonesia pulang ke kampung halamannya dengan selamat,” ucap Novie.

“Kami melayani traffic movement sangat padat sejumlah lebih dari 96 ribu pergerakan sejak periode angkutan lebaran 2017. Terdiri dari 85 ribu pergerakan domestik dan 11 ribu pergerakan internasonal. Persiapan telah kami lakukan sejak jauh hari sehingga semua dapat teratasi dengan baik,” pungkasnya. (Fjn)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker