DomestikHighlightHot News

Antisipasi Pelanggaran Penerbangan, Kemenhub Lakukan Hal Ini

Infopenerbangan.com, -Masih ingat dibenak kita kejadian pilot maskapai Citilink dengan jadwal penerbangan QG 800 Surabaya-Jakarta yang terlihat mabuk saat memasuki pemeriksaan X-Ray di bandar udara Juanda, Surabaya. Sang pilot ternyata juga berhasil masuk ke dalam kokpit saat hendak menerbangkan pesawat dengan ratusan penumpang yang akan dibawanya.

Transportasi udara memang memiliki resiko tersendiri. Umumnya, kecelakaan pesawat selain dikarenakan faktor eksternal juga dipengaruhi oleh faktor manusianya.

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan menegaskan bahwa ada prosedur ketat yang harus dilalui oleh seorang pilot sebelum terbang.

“Pilot sebelum berangkat harus tes kesehatan. Prosedur itu untuk menjadi kewajiban maskapai penerbangan,” ujarnya dikutip dari Okezone.

Tak hanya pilot, sejak tahun 2015 telah diatur bahwa maskapai harus memeriksa kesehatan semua co-pilot dan awak kabin sebelum terbang pertama setiap hari.

Selain itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga melakukan safety audit, surveilance dan ramp check terhadap pelaksanaan prosedur yang dilakukan maskapai.

Sementara Kementerian Perhubungan akan memberi peringatan apabila maskapai lalai dalam menjalankan prosedur, termasuk prosedur pemeriksaan kesehatan. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker