DomestikInternasionalNews

Antisipasi Penyebaran Virus Zika Di Bandar Udara Soekarno Hatta

Infopenerbangan.com, Jakarta -Terkait meningkatnya penyebaran virus Zika di Negara Singapura, pengelola Bandara melakukan antisipasi masuknya virus Zika ke daerahnya. Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang memasang alat khusus dan petugas mengawasi kondisi penumpang dengan pemindai suhu tubuh atau thermal scanner.

Terkait dengan hal itu, Kementerian Kesehatan RI langsung menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan, diantaranya Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I (KKP) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Kepala KKP Bandara Soetta dr Susanto mengatakan, adanya ditemukan kasus Virus Zika pihaknya tengah meningkatkan pengawasan terhadap penumpang dari luar negeri khususnya dari Singapura yang masuk melalui Bandara Soetta.

“Kementrian Kesehatan Pusat telah mengintruksikan kepada seluruh pintu masuk negara, pelabuhan maupun bandara agar meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah atau deteksi dini penumpang yang datang dari Negara Singapura,” ungkapnya.

Lanjutnya, upaya peningkatan kewaspadaan tersebut salah satunya yang harus dilakukan oleh pihak Bandara Soetta adalah menyediakan petugas dan alat khusus pendeteksi suhu tubuh manusia (thermal scan) di terminal kedatangan luar negri.

“Penumpang yang berasal dari Negara Singapura pasti akan kita awasi, baik itu menggunakan thermal scan ataupun pengawasan langsung dari petugas kami. Dan jika ditemukan suhu tubuh dari penumpang melebihi dari 38 derajat celsius pasti kita lakukan tindakan melalui pemeriksaan diruang khusus,” tambahnya. (eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker