DomestikHighlight

Asap Tebal Masih Menyelimuti kota Jambi

Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menurunkan Water bombing dari helikopter yang dilakukan untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Jambi.  Dua helicopter yang diturunkan gagal untuk memadamkan kebakaran di kawasan hutan dan gambut Desa Betung, Kecamatan Kumpehilir, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

Kegagalan pemadaman melalui udara tersebut membuat asap tebal masih tetap menyelimuti wilayah Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi dan beberapa kabupaten lain hingga Selasa (1/9).

“Sebanyak 13 kali bom air tersebut belum berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan gambut, karena lokasi kebakaran cukup luas,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Arief Munandar

Kawasan hutan dan lahan gambut yang terbakar di Desa Betung, Kecamatan Kumpehilir, Kabupaten Muarojambi, mencapai 1.000 hektare (ha). Sebagian kebakaran itu berada pada areal gambut perusahaan kelapa sawit PT BEP, PT RKK, PT MG, dan kawasan hak pengusahaan hutan (HPH). Kebakaran gambut tersebut berada di dalam tanah, sehingga menimbulkan asap tebal dan sulit padam.

Asap tebal yang menyelimuti Kota Jambi hingga hari ini menyebabkan jadwal penerbangan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi masih lumpuh. Asap tebal yang menyebabkan jarak pandang di Kota Jambi terbatas hanya 500 meter (m), Selasa pagi, dan menyebabkan pesawat tidak bisa mendarat di Bandara STS Jambi. Asap tebal juga menyebabkan pesawat pagi yang berangkat dari bandara tersebut tertunda sekitar setengah jam. (*/Azh)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker