DomestikHighlightHot NewsNewsRagamUncategorized

Bangau Ancaman Serius Keselamatan Penerbangan di Kalimantan

Infopenerbangan.com, Dari keterangan otoritas bandar udara Pangsuma Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat ada beberapa ancaman utama yang mengganggu penerbangan di wilayahnya. Beberapa ancaman yang mengganggu penerbangan di wilayah sekitar bandar udara antara lain kawanan burung bangau, kawanan burung walet dan kegiatan bermain layang-layang disekitar bandar udara.

Untuk ancaman dari burung bangau dikarenakan lahan sekitar bandar udara berupa persawahan padi yang luas. Di areal persawahan tersebut banyak terdapat binatang yang menjadi makanan bagi kawanan burung bangau tersebut.  Karena di dalam persawahan ada banyak terdapat katak dan belalang yang menjadi makanan burung bangau. Untuk kawanan burung walet, otoritas bandar udara mengeluarkan larangan pembangunan rumah sarang burung walet disekitar areal bandar udara. Sedangkan layang-layang juga merupakan ancaman yang berbahaya bagi penerbangan, untuk itu otoritas bandar udara juga melarang areal sekitar bandara dijadikan lapangan permainan layang-layang.

Memang selama ini belum ada laporan terjadinya kecelakaan penerbangan yang diakibatkan oleh burung bangau dikarenakan aktifitas terbang menuju areal persawahan untuk mencari makan sore hari. Sedangkan penerbangan di bandar udara tersebut banyak dilakukan pagi hingga siang hari, tapi ini sudah masuk katagori ancaman yang berbahaya bagi penerbangan. Untuk antisipasi mengusir burung bangau dari persawahan petugas otoritas keamanan bandar udara sering melakukan patroli dengan membunyikan sirine.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker