Hot NewsInternasionalNews

Beijing Akan Punya Bandara Raksasa

infopenerbangan,- Pemerintah China mengumumkan akan membangun bandara baru di Beijing dengan nilai 80 miliar yuan (US$12,14 miliar) pada Senin, (16/10/2017).

Rencananya bandara ini akan beroperasi pada Oktober 2019 mendatang, bandara ini diperkirakan menjadi salah satu yang terbesar di dunia di tengah dorongan infrastruktur besar-besaran yang oleh Presiden Xi Jinping.

Perwakilan pembangunan itu memamerkan kerangka luas “Bandar Udara Baru Beijing”, yang terbuat dari 1,6 juta meter kubik beton, 52 ribu ton baja dan membentang 47 kilometer persegi, termasuk landasan pacu.

Bandar udara tersebut diharapkan dapat melayani 45 juta penumpang awal dalam setahun dengan pada akhirnya berdaya tampung 100 juta penumpang, menempatkannya setara dengan bandar udara antarbangsa Hartsfield-Jackson Atlanta.

Diharapkan Bandara baru ini akan mengurangi tekanan pada bandara internasional Beijing yang ada, ke arah timur laut Beijing. Bandara internasional Beijing saat ini merupakan bandara terbesar kedua di dunia ditinjau dari volume penumpang, yang membuka terminal baru senilai 3,6 miliar dolar AS pada 2008 menjelang Olimpiade Musim Panas Beijing.

Bandar udara baru tersebut akan terhubung ke Beijing dengan kereta api kecepatan tinggi dengan kecepatan tertinggi 350 kilometer per jam serta kereta antarkota dan jalan tol utama.

Dua dari tiga maskapai besar China, China Eastern Airlines Corp dan China Southern Airlines Co, akan pindah ke bandara baru ini setelah selesai. Kedua maskapai ini akan menguasai sekitar empat per lima dari total lalu lintas bandara baru Beijing tersebut. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker