DomestikHot NewsNews

Bulan Ini Bandara Silangit Akan Dijadikan Sebagai Bandara Internasional

Infopenerbangan,– Bandar Udara (Bandara) Silangit di Tapanuli, Sumatra Utara akan berstatus sebagai Bandara internasional pada 28 Oktober mendatang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengungkapkan, dengan adanya penerbangan internasional ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

Rencananya 28 Oktober ini peresmian rute internasional akan dilakukan bersama dengan peresmian terminal baru yang megah dengan runway sepanjang 2.650 m X 45 m yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Yang tadinya bandara untuk penerbangan perintis bersubsidi, sekarang memperoleh lompatan ke bandara umum internasional dengan selling point wisata keindahan alam Danau Toba,” kata Agus di Kementerian Perhubungan.

Sebelumnya status Bandara Silangit merupakan bandara untuk penerbangan perintis bersubsidi. Namun, dalam waktu relatif singkat, bandara tersebut kemudian dijadikan ke bandara umum internasional dengan selling point wisata alam Danau Toba.

Agus mengatakan Presiden Joko Widodo tahun lalu telah memerintahkan agar maskapai Garuda Indonesia menerbangi rute komersial nonsubsidi dari dan ke bandara ini. Saat itu penerbangan hanya dilakukan untuk penerbangan perintis bersubsidi dengan penum pang sebanyak 12-24 orang sekali angkut dengan pesawat kecil.

Silangit terus berkembang dengan didarati Pesawat ATR dengan kapasitas 72 penumpang, lalu pesawat CRJ dengan kapasitas 96 orang penumpang. “Bahkan, untuk pesawat B 737 pun penumpangnya terus meningkat,” kata Agus.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air. Kehadiran Bandara Silangit memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, perpanjangan runway Bandara Silangit terbagi dalam beberapa tahap, bandara ini awalnya memiliki landasan pendek dengan panjang 400 meter lalu diperpanjang menjadi 900 meter yang diresmikan oleh Presiden ke-6 Maret 2005.

Kemudian landasannya ditambah menjadi panjang 1.400 meter, kemudian menjadi 2.250 meter, ditambah lagi menjadi 2.400 meter dan saat ini pengembangan landasan pacu sudah mencapai panjang 2.650 meter dengan lebar 45 meter dengan penampilan terminal artistik yang luas nan megah berstatus International Airport.

Dengan perluasan terminal, ditambah dengan promosi gencar dari Presiden Jokowi, Jumlah penumpang di Bandara Silangit diperkirakan akan meningkat lebih 14 kali lipat atau 1.400 persen.

“Diharapkan dengan dijadikannya Bandara Silangit menjadi bandara internasional akan semakin menarik minat wisatawan domestik hingga mancanegara untuk berkunjung ke Danau Toba,” tutup Agus. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker