Pesawat Japan Airlines yang mendarat darurat akibat hantaman burung/ Foto: Mainichi

Infopenerbangan,- Sebuah pesawat maskapai Japan Airlines (JAL) melakukan pendaratan darurat di Tokyo, Jepang. Dilaporkan ada gangguan mesin yang terjadi setelah pesawat menabrak seekor burung saat mengudara.

Dilansir dari AFP, Selasa (5/9/2017), insiden ini terjadi sesaat setelah pesawat maskapai Jepang ini lepas landas dari Bandara Internasional Haneda di Tokyo, pada Selasa (5/9) waktu setempat. Pesawat jenis Boeing 777 ini lepas landas pukul 11.00 waktu setempat dan kembali ke Haneda sekitar 1 jam kemudian untuk melakukan pendaratan darurat.

Dikatakan pesawat Japan Airlines itu mendarat darurat setelah mesin jetnya tiba-tiba mengeluarkan api lantaran ada burung yang masuk ke dalam mesin pesawat.

“Tampaknya seekor burung masuk ke mesin bagian kirinya ketika lepas landas. Pesawat tersebut membuang bahan bakarnya di udara untuk mengurangi bobot saat akan mendarat,” ujar juru bicara Japan Airlines kepada AFP.

Menurut Kementerian Darat, Infrastruktur, Tranportasi dan Pariwisata Jepang, padang rumput di dekat jalur landasan udara yang digunakan pesawat Japan Airlines itu sempat terbakar setelah pesawat tersebut lepas landas. Namun, api segera dipadamkan dan jalur landasan segera ditutup.

“Kami menutup jalur landasan ini mengingat ada kemungkinan puing-puing jatuh dari pesawat tersebut,” ucap otoritas yang tak disebut namanya itu.

Diketahui saat insiden ini terjadi, pesawat ini hendak terbang ke New York, AS, dengan membawa 233 penumpang dan 15 awak pesawat. Tidak ada korban luka di antara 248 orang di dalamnya. (*/NP)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here