DomestikHot NewsNews

Diserbu Burung, Bandara Adisutjipto Sempat Tutup Selama 2,5 Jam

Infopenerbangan,- Penerbangan dari dan ke Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta tertunda beberapa jam setelah diketahui adanya migrasi burung. Akibatnya, 10 penerbangan ditunda dan dua pendaratan dialihkan ke bandara lain.

Lima penerbangan yang ditahan di airspace, yakni JT273, JT667, JT554, JT521, dan ID6360. Lima penerbangan yang tertahan di darat, yaitu, GA203, ID7542, IW1814, QG103, dan IN274.

Adapun penerbangan GA 694 dialihkan pendaratannya ke SUB (Juanda Surabaya) dan GA 202 dialihkan ke SOC (Adisoemarmo Solo).

Kepala Humas Angkasa Pura I Yogyakarta Liza Anindya Rahmadiana membenarkan bahwa Bandara Adi Sutjipto ditutup sementara pada Selasa (7/11/2017) pagi.

“Memang pagi ini runway sementara kami close mulai pukul 05.00,” ujar Liza, Selasa.

Dia mengungkapkan, penutupan ini dilakukan demi keselamatan penerbangan karena terdapat banyak burung di landasan pacu untuk mencari laron. Beberapa hari terakhir muncul banyak laron di sekitar landasan pacu.

“Hal ini kami lakukan demi keselamatan penerbangan. Burung-burung ini mulai berdatangan pada pagi hari untuk mencari laron di sekitar runway light,” ucapnya.

Melihat banyaknya burung di sekitar landasan pacu, lanjut dia, pihak PT Angkasa Pura I Yogyakarta berupaya melakukan pengusiran agar tidak mengganggu penerbangan. Hasilnya, pada pukul 07.35 penebangan di Bandara Adi Sutjipto kembali dibuka.

“Kami dari pihak bandara terus memonitor dan melakukan upaya pengusiran burung. Runway sudah kembali dibuka dan beroperasi mulai pukul 07.35,” kata Liza. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker