Hot NewsInternasionalNews

Drone Tabrak Pesawat Komersial di Kanada

Infopenerbangan,- Sebuah drone atau pesawat tanpa awak atau pilot menabrak sebuat pesawat yang mendarat di salah satu bandara di Kota Quebec, Kanada, pada Kamis, (12/10/17) waktu setempat.

Menteri Perhubungan Kanada Marc Garneau mengatakan ini adalah pertama kalinya sebuah benda terbang tak berawak bertabrakan dengan pesawat komersial di Kanada.

“Pesawat mengalami kerusakan kecil, dan bisa mendarat dengan aman,” kata Marc Garneau dilansir dari CNN.

Sesuai aturan keselamatan penerbangan di Kanada, drone dilarang beroperasi di atas 90 meter dari permukaan tanah. Kemudian, jarak minimal mengoperasikan drone adalah 5,5 kilometer dari bandara, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jika melanggar, maka akan menghadapi denda sebesar 25.000 dolar kanada atau Rp269 juta,” tulis CNN.

Dilaporkan insiden terjadi di Bandara Internasional Jean Lesage. Drone tersebut bertabrakan dengan pesawat milik maskapai penerbangan Skyjet.

“Saya sangat lega pesawat hanya mengalami kerusakan ringan dan bisa mendarat dengan aman,” ujar Menteri Perhubungan Kanada Marc Garneau.

Saat kejadian, ada enam penumpang dan dua awak pesawat yang berada di dalam pesawat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker