DomestikHot NewsNews

Dukung Pariwisata Gunungkidul, Menhub Ingin Bangun Bandar Udara Perintis

Infopenerbangan,- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan tahun 2018 mendatang pemerintah akan membangun bandara perintis di wilayah Gading, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Menhub menyatakan pembangunan bandara tersebut dimulai pada tahun 2018 dan ditargetkan selesai paling selambatnya 2019.

“Pertama kali nanti kami akan ‘kulanuwun‘ (menghadap -red) ke KSAU, bahwa ini ada bandara dan belum dioptimalkan secara baik,” kata Budi.

Bandara perintis ini rencana dibangun dengan panjang landasan 1.600 meter. Harapannya jet pribadi dan pesawat jenis ATR bisa mendarat.

“Panjang landasan sekitar 1.600 meter. Jadi intensitas penerbangan udara menjadi penting dan jet pribadi bisa mendarat di sini,” imbuhnya.

Budi mengungkapkan pembangunan bandara ini sejalan dengan rencana menjadikan pariwisata Gunung Kidul sebagai industri unggulan.

“Saya salut dengan Kabupaten Gunung Kidul. Di sini akan ada Bandara Gading, sebagai bandara kedua selain Kulonprogo. Hal ini sejalan dengan Gunung Kidul yang merencanakan pariwisata sebagai industri unggulan. Untuk itu, koneksitas udara sangat penting,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menyambut baik wacana tersebut. Pemerintah daerah pun siap mendukung kebijakan tersebut.

“Bandara Gading bisa digunakan tidak terlalu masal, tadi Pak Menteri (Budi Karya) mengatakan termasuk (penerbangan) dari Australia ini akan memberikan efek luar biasa dari wisman, dampaknya sudah kita perhitungkan,” katanya.(*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker