DomestikNews

Garuda Hemat Energi 12 Juta Watt-Hours

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dan seluruh anak perusahaan ikut ambil bagian dalam kampanye mewujudkan lingkungan sehat dengan melakukan switch off “Earth Hour 2016”, Sabtu (19/3),  di Hangar 4 GMF, Cengkareng.

Kegiatan tersebut  disaksikan langsung Direktur Operasional Garuda Indonesia Novianto Herupratomo, dan berhasil    menghemat sedikitnya 12 juta watt-hours selama satu jam. Tahun 2016 ini merupakan tahun ke-delapan Garuda Indonesia melaksanakan kampanye switch-off Earth Hour dengan mengusung tema “Night At GMF”.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Garuda Indonesia untuk ikut melestarikan bumi dari kerusakan dan bahaya pemanasan global melalui program green actions, serta perlindungan satwa dengan menetapkan kebijakan Cargo Garuda untuk tidak mengangkut segala bentuk produk hiu, termasuk shark-fin dan hewan mamalia,” ungkap Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt. Novianto Herupratomo.

Sementara itu, Direktur Utama GMF, Juliandra Nurtjahjo mengatakan “Komitmen kami dalam mewujudkan perusahaan yang berbudaya ramah lingkungan ini juga merupakan suatu dukungan terhadap kampanye global perubahan iklim,” kata Juliandra.

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan program”Earth Hour 2016” ini, Garuda Indonesia melaksanakan berbagai program antara lain :

  1. Melaksanakan pemadaman lampu pada bagian-bagian tertentu kantor dan billboard Garuda selama satu jam pada seluruh kantor perwakilan Garuda Indonesia (dan anak perusahaan) di seluruh Indonesia dan juga di kantor pusat – Gedung Manajemen Garuda Indonesia;
  2. Melakukan kampanye kepada seluruh karyawan dan keluarga Garuda Indonesia agar turut serta berperan aktif untuk mematikan lampu selama satu jam pada pukul 20.30 – 21.30 WIB pada Sabtu, 19 Maret 2016 di rumah masing-masing.
  3. Kampanye social media dan cabin announcement kampanye Earth Hour 2016 pada penerbangan Garuda Indonesia dari tanggal 17 – 19 Maret 2016.

Di samping itu, GMF juga sudah menerapkan konsep ramah lingkungan pada infrastruktur fasilitas-fasilitas yang dimilikinya, salah satunya bangunan Hangar 4 yang memiliki konstruksi khusus dengan fasilitas-fasilitas yang hemat energi.

Skylight pada atap Hangar 4 berfungsi memaksimalkan pencahayaan hangar; kaca panasap pada sisi samping hangar untuk memaksimalkan pencahayaan; curtain wall di lantai 2 (area perkantoran) dengan tipe kaca laminated yang memaksimalkan sirkulasi cahaya; kisi-kisi berbahan alumunium yang berfungsi meminimalkan turbulensi udara; bentuk yang tumpul pada sudut atap untuk membantu mengalirkan udara agar tidak terjadi benturan keras pada façade; dan penggunaan Metal Halide (MH) lamps pada hanggar untuk menghasilkan warna putih dengan kualitas baik dan konsumsi listrik yang rendah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker