DomestikHighlight

Garuda Indonesia akan menerima 14 A330neo

Garuda Indonesia telah menetapkan pemesanan pada Airbus untuk pembelian 14 A330-900neo, yaitu versi terkini dari pesawat berbadan lebar A330 yang dilengkapi dengan mesin baru, untuk mendukung pertumbuhan serta ekspansi bisnis perusahaan di masa depan.

Penandatanganan kesepakatan tersebut disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris Rt. Hon. David Cameron MP.

Garuda Indonesia berencana memanfaatkan teknologi canggih serta efisiensi yang lebih baik dari A330neo untuk mengembangkan jaringan penerbangan jarak menengah dan jarak jauhnya. Pemesanan ini menggantikan serta memperluas cakupan pesanan yang sudah ada untuk tujuh pesawat A330-300. A330neo yang dipesan tersebut akan dikirimkan pada Garuda Indonesia mulai tahun 2019.

“Kami dengan gembira mengumumkan bahwa kami akan melanjutkan kerja sama yang telah terjalin sekian lama dengan Airbus. Garuda Indonesia dan Airbus sama-sama memahami bahwa tujuan jangka panjang dari kesepakatan ini ialah untuk keluar sebagai pemenang di tengah berbagai tantangan global,” kata CEO Garuda Indonesia Arif Wibowo.

Arif menjelaskan, “A330neo mewakili masa depan yang lebih efisien bagi Garuda Indonesia. Restrukturisasi pesanan ini dipercaya dapat mendukung komitmen kami untuk terus menyediakan layanan perjalanan udara yang istimewa, modern, dan nyaman bagi seluruh pelanggan, serta memperkuat pertumbuhan positif yang berkelanjutan dan juga ekspansi perusahaan.”

“Tak hanya itu, kami percaya bahwa teknologi mutakhir pada pesawat ini akan mendukung kami untuk mencapai daya saing yang lebih tinggi lagi di industri ini.”

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, “Kesepakatan ini menggarisbawahi semakin pentingnya hubungan kami dengan Indonesia, yang perekonomiannya terus tumbuh dengan cepat dan akan menjadi ekonomi terbesar ketujuh di dunia pada 2030.”

“Kami adalah investor terbesar kelima di Indonesia dan hubungan kami memiliki lebih banyak lagi potensi yang masih belum tergali sepenuhnya. Kami ingin mendorong lebih banyak pelaku bisnis dari Inggris untuk meraih kesempatan ini, kami akan terus mendukung mereka dengan menyokong keahlian dan keterampilan dari Inggris.”

Airbus Chief Operating Officer Tom Williams mengatakan, “Kami sangat senang menyambut Garuda sebagai pelanggan baru A330neo.”

“A330neo akan membawa banyak keuntungan berkat nilai ekonomi operasionalnya yang tidak terkalahkan. Termasuk di dalamnya ialah pengurangan konsumsi bahan bakar yang signifikan, biaya perawatan yang lebih rendah, dan jarak tempuh yang lebih jauh. Pesawat ini akan dilengkapi kabin Airspace by Airbus yang akan menjamin posisi A330 sebagai tolok ukur, baik bagi pelanggan maupun maskapai.”

Kesepakatan ini merupakan pencapaian terbaru dari kerja sama yang telah terjalin sejak lebih dari tiga puluh tahun, yaitu sejak Garuda Indonesia menerima A300 pertamanya.

A330-800neo dan A330-900neo adalah dua anggota terbaru dari keluarga pesawat berbadan lebar Airbus yang penyerahan pertamanya akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2017. A330neo dilengkapi dengan mesin Rolls-Royce Trent 7000 generasi terbaru, penyempurnaan aerodinamika, serta fitur-fitur kabin terbaru. Karena nilai ekonomisnya yang tidak terkalahkan, serta sifatnya yang serbabisa dan handal, A330neo dapat memangkas konsumsi bahan bakar hingga 14% per kursi, membuatnya menjadi pesawat jarak jauh berbadan lebar yang paling efisien di pasaran.

Sebagai tambahan dari penghematan bahan bakar, operator A330neo juga akan mendapat keuntungan dari peningkatan jarak tempuh hingga 400 mil laut dan semua keuntungan keseragaman operasional (operational commonality) dari keluarga pesawat Airbus.

Sementara, Garuda Indonesia saat ini telah diakui sebagai maskapai bintang lima dalam hal kenyamanan dan layanan penumpang.

Airbus telah meluncurkan merek kabin baru yang dinamakan “Airspace by Airbus” pada tanggal 23 Maret di London. Sebagai dasar dari filosofi baru ini, Airbus menghubungkan keafiatan penumpang dengan performa operasional bagi maskapai pelangganya. Mewakili yang terbaik dari inovasi dan desain kabin Airbus, Airspace akan menawarkan kanvas yang fleksibel dan canggih sebagai landasan untuk menyempurnakan penampilan brand maskapai.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker