DomestikHighlightHot NewsNews

Garuda Indonesia Konsisten Hedging Antisipasi Fluktuasi Kurs dan Harga Avtur

Info penerbangan – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah melakukan penandatanganan perjanjian Treasury Line dengan PT Bank Mandiri (persero) tbk (BMRI) senilai US$35 juta. Perjanjian tersebut telah dilakukan pada Rabu (16/12/2015) lalu, yang bertujuan agar Bank Mandiri memfasilitasi transaksi lindung nilai (hedging) mata uang asing yang dilakukan Garuda Indonesia. Transaksi lindung nilai mata uang asing (forex hedging) ini dimaksudkan untuk menekan kerugian akibat fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Tahun lalu, Garuda Indonesia pernah melakukan hedging senilai Rp 1 triliun dengan tiga bank. Hedging melalui transaksi cross currency swap ini dilakukan untuk mengantisipasi risiko perubahan kurs. Tiga bank yang diajak bekerja sama untuk lindung nilai ini, antara lain PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan Standard Chartered Bank.

Disamping melakukan lindung nilai terhadap mata uang asing, Garuda juga telah melakukan lindung nilai untuk kebutuhan avtur. Pada 2015 lalu, Garuda telah melakukan hedging avtur sebesar 50 persen dari total kebutuhan konsumsi avturnya, atau meningkat disbanding tahun 2014 yang sebesar 10 persen. Namun idealnya,  lindung nilai untuk kebutuhan avtur untuk 2016 ini bisa diturunkan kembali porsinya mengingat harga avtur kedepan diprediksi masih akan rendah.

Garuda pada tahun ini juga sedang menjajaki penerbitan global bond senilai US$ 500 juta. Garuda dikabarkan akan kembali mengajak bank internasional yang sebelumnya menangani penerbitan sukuk global pada tahun lalu seperti ANZ, Standard Chartered Bank, dan Deutsche Bank.

Penerbitan global bond tersebut rencananya akan digunakan untuk menata ulang sumber pendanaan ekspansi pesawat baru. Selama ini sekitar  95% sumber pendanaan berasal dari operating lease dan 15% financial lease. Garuda berupaya untuk menurunkan porsi operating lease menjadi 85-90%. Dengan jumlah armada yang semakin banyak, maka metode financial lease akan lebih mampu memperbaiki nilai asset perusahaan menjadi lebih baik. (Glh)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker