Infopenerbangan.com,- Jakarta, 1 Maret 2017 – Sebanyak 96 kantong darah dihasilkan pada kegiatan donor darah yang diadakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-53 di Grha Angkasa Pura I Kemayoran pada Rabu (1/3). Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro dan dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat Asep Djuanda Sunarya.

“Kami yakin bahwa kebutuhan darah di negara sangat besar, sehingga acara seperti ini sangat membantu saudara kita yang memang sedang membutuhkan untuk menyambung hidup,” ujar Danang S. Baskoro yang juga menjadi pendonor pertama pada kegiatan ini.

Sementara itu, Bayu Meghantara mengungkapkan rasa terima kasih kepada karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) atas kesediaannya mendonorkan darah. “Terima kasih kepada teman-teman Angkasa Pura I yang telah bersedia mendonorkan darahnya. Semoga donor darah dapat menjadi bagian dari tren gaya hidup masyarakat, termasuk teman-teman di Angkasa Pura I,” ujar Bayu pada sambutannya.

aaaKegiatan yang dimulai pukul 10.00 dan berakhir pada 14.30 ini, cukup menarik antusiasme karyawan. Terbukti dengan jumlah peserta yang meningkat dibanding pelaksanaan tahun lalu. Pada tahun ini terdapat 146 peserta donor darah, sedangkan peserta tahun lalu hanya sebanyak 120. Namun dari total peserta tahun ini, hanya sebanyak 96 peserta yang memenuhi kriteria medis untuk menjadi pendonor darah, hanya meningkat 1 orang dibanding pada tahun lalu yang sebanyak 95 peserta. Sedangkan peserta sisanya sebanyak 50 orang tidak sesuai kriteris media untuk mendonor karena alas an berat badan yang kurang dari 45 kilogram, kadar HB yang rendah, dan riwayat medis lain seperti hipertensi kadar HB tinggi, dan lainnya.

Kegiatan donor darah merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Kantor Pusat PT Angkasa Pura I (Persero)  dan hampir seluruh cabang bandara, seperti Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Sultan AJi Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Ke depannya, Danang S. Baskoro mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini akan ditingkatkan intensitasnya. “Kami sangat menghargai kegiatan ini. Kalau bisa dilakukan secara periodik 6 bulan sekali,” ujar Danang. Para peserta tidak hanya berasal dari karyawan Angkasa Pura I saja, namun juga berasal dari karyawan anak perusahaan dan instansi-instansi di sekitar kantor Angkasa Pura I seperti Dapenra, Gapura, TNI, Pemadam Kebakaran, BMKG, Balai Kesehatan Penerbangan.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here