DomestikHighlightHot NewsNews

GMF Resmikan Remote Shop Component Pertama Di Surabaya

Infopenerbangan.com, Surabaya – PT GMF AeroAsia (GMF) meresmikan remote shop component pertama yang berlokasi  di terminal cargo T2 Bandara Internasional Juanda pada 15 Agustus 2016. Remote shop component di Surabaya ini merupakan component shop pertama GMF yang dibangun  di luar Cengkareng. Peresmian remote shop component ini dilakukan oleh Direktur Utama PT GMF AeroAsia Juliandra Nurtjahjo dan dihadiri oleh perwakilan berbagai institusi seperti airline yang menjadi customer GMF, serta perwakilan berbagai institusi pemerintahan terkait.

Remote shop component di Surabaya ini memiliki kapabilitas yang terdiri dari aircraft battery maintenance dan oxygen bottle maintenance.Kemampuan aircraft battery maintenance yang dimiliki Remote Shop ini mencakup hampir semua jenis baterai Nickel Cadmium yang diproduksi oleh SAFT dan Marathon Norco. Sementara untuk  penyediaan layanan oxygen bottle maintenance, Remote Shop ini sudah memiliki kapabilitasnya untuk tipe pesawat B737, A320, A330, B747, B777 dan seri MD.  Selain itu GMF juga memiliki sertifikat dari OEM untuk melakukan pemeliharaan dan melakukan perawatan dari total 66 part number oxygen bottle.
Direktur Utama PT GMF AeroAsia Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa dengan adanya Remote Shop ini, GMF mampu mengerjakan komponen battery & oxygen untuk semua customer di Surabaya dan sekitarnya, serta menjangkau pasar General Aviation khususnya untuk supply battery dan oxygen di wilayah Indonesia Timur.  “Dengan adanya remote shop ini maka diharapkan distribusi komponen pesawat yang berada di wilayah Indonesia Timur dapat dilakukan lebih cepat. Hal ini merupakan wujud komitmen kami dalam melakukan ekspansi bisnis kami ke wilayah Indonesia Timur,” katanya.

Juliandra menambahkan bahwa dalam mewujudkan visinya di tahun 2020  menjadi Top 10 MRO in the World, ada tiga pilar utama yang menjadi fokus GMF yaitu Human Centric, Business Expansion, dan Technology Driven. Pengembangan Remote Shop Component ini merupakan salah satu program organic  perusahaan yang termasuk bagian dari ekspansi bisnis perusahaan.  Surabaya ditunjuk menjadi etalase pertama GMF dalam mendekatkan diri kepada customer  dan partner bisnis di Indonesia sebelum nantinya akan dikembangkan remote shop component di multibase station lain yaitu Medan, Balikpapan, Denpasar dan Makassar.

Sementara itu dalam menunjang remote shop component di Surabaya ini dari sisi sumber daya manusia GMF sudah memiliki tenaga ahli yang disertifikasi oleh produsen baterai yaitu SAFT dan Marathon dan memiliki sertifikasi pengoperasian Christie Battery Charger RF80-K. “Dengan SDM yang berkualitas, ditunjang dengan implementasi penggunaan sistem Teknologi Informasi yang terintegrasi, maka kami yakin adanya remote component shop ini mampu menaikkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan terutama dalam menunjang rencana ekspansi bisnis kami,” tambah Juliandra.

Sekilas tentang GMF AeroAsia
PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF) adalah anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.  yang bergerak di bidang perawatan pesawat terbang (MRO), yang saat ini merupakan perusahaan perawatan pesawat terbang terbesar di Indonesia. GMF berkomitmen untuk menciptakan lalu lintas udara yang aman dengan memberi solusi perawatan pesawat terbang yang terpadu dan handal sebagai kontribusi dalam mewujudkan lalu lintas udara yang aman dan menjamin kualitas kehidupan umat manusia.

Saat ini, GMF AeroAsia dapat melakukan perawatan pesawat yang mencangkup tipe B737 Classic, B737 NG, B747, B777,  A320, A330, ATR, dan Bombardier CRJ1000.  Jasa perawatan pesawat yang ditawarkan oleh GMF AeroAsia mencakup Line Maintenance; Base Maintenance; Component Maintenance; Engineering & Planning Services; Cabin Maintenance; Asset Management & Material Services; Engine & APU Maintenance, Learning Services dan beberapa jasa non-airframe lainnya.

Jasa tersebut telah diberikan ke ratusan pelanggan GMF AeroAsia yang tersebar di 60 negara. GMF telah mendapat sertifikasi perawatan pesawat dari berbagai authority di seluruh dunia diantaranya Indonesian Directorate General of Civil Aviation (DGCA – Indonesia), Federal Aviation Administration (FAA – Amerika), European Aviation Safety Agency (EASA – Eropa), dan Civil Aviation Security Authority (CASA – Australia). Melengkapi hal tersebut, di tahun 2016 ini GMF juga telah diberikan predikat Low Risk MRO oleh badan sertifikasi Federal Aviation Administration (Amerika).

Fasilitas perawatan pesawat berada di area berikat (bonded area) GMF AeroAsia yang berlokasi di area Soekarno-Hatta International Airport Cengkareng. Area yang berukuran 972,123m2 dilengkapi dengan 4 buah Hangar, di mana salah satu hangar yaitu Hangar 4 merupakan Hangar Narrow Body terbesar di dunia. Saat ini, GMF juga telah mendapat sertifikasi AMTO (Approved Maintenance Training Organization) dari EASA dan telah menjadi satu-satunya Airbus Remote Training Center di Dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker