DomestikHighlight

Implementasi ATFM Bentuk Komitmen AirNav Indonesia

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia menandatangani kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam rangka perbantuan teknis terhadap rencana Implementasi Air Traffic Flow Management/ATFM, Airspace Management/ASM dan Modernisasi CNS (Communication, Navigation, Surveillance)/ATM (Air Traffic Management) system Indonesia, Tangerang, Rabu (29/4) kemarin.

Kerjasama ini berupa penandatanganan minutes of meeting (MoM) yang bersifat kesepakatan dan kesepahaman antara belah pihak dan tidak memiliki konsekuensi hukum dengan dipayungi oleh Bilateral Agreement (G to G) antar Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang khususnya untuk peningkatan keselamatan dan effisiensi di sektor transportasi udara.

Kerjasama meliputi penyediaan long term dan short term experts masing-masing bidang ATFM, ASM dan CNS/ATM system; pelaksanaan program training bidang ATFM, ASM dan CNS/ATM system serta Penyediaan peralatan ATFM Simulator dengan jangka waktu kerjasama selama 3,5 tahun dan akan dilakukan pengawasan rutin setiap 6 bulan sekali dan dievaluasi oleh Joint Coordination Committee (JCC) setiap tahun sekali.

Seperti dalam siaran pers tertulisnya, hasil dari kerjasama ini tentu saja secara khusus akan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelayanan navigasi penerbangan yang dikelola oleh AirNav Indonesia dan secara umum akan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas transportasi udara di Indonesia.

Hal ini membuktikan keseriusan dan komitmen AirNav Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik yang berbasis keselamatan (safety) dan berdampak langsung terhadap keteraturan dan efisiensi sektor transportasi udara melalui implementasi ATFM. (*/Eq)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker