DomestikHot News

INACA Harapkan Maskapai Perluas Pasar era AOS

Info penerbangan – Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carrier Association (INACA), M. Arif Wibowo mengatakan, tahun 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan namun tetap membuka peluang besar bagi maskapai nasional untuk bisa terus bertumbuh dan memperluas pasarnya ke negara-negara ASEAN seiring dengan berlakunya liberalisasi sektor penerbangan ASEAN (ASEAN Open Sky) tahun ini.

“Sebenarnya kita sudah menghadapi liberalisasi penerbangan ASEAN, dan sudah terlihat kita cukup mampu menghadapinya,” ujar Arif, dalam acara Konferensi Pers Awal Tahun INACA, di Kantor Garuda Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (8/1).

Arif melanjutkan, sekarang adalah saatnya untuk memperluas pasar agar bisa memperoleh benefit dari situasi ini. Hal tersebut terkait dengan mulai berlakunya ASEAN Open Sky yang memperbolehkan negara-negara di ASEAN melakukan penerbangan langsung ke sejumlah kota di Negara anggota dalam lingkup Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Untuk penerbangan charter yang menurutnya sedang mengalami tekanan, dalam industri oil and gas kemungkinan memang akan berpengaruh terhadap permintaan pasar, namun justru hal tersebut akan membuka peluang bagi bisnis penerbangan charter untuk mengalihkan aktivitasnya ke sektor penerbangan pariwisata.

Arif menambahkan, kemampuan melihat peluang pada situasi ini justru memperlihatkan kemampuan maskapai penerbangan nasional, untuk bisa melakukan diversifikasi usahanya secara cepat karena sudah mengetahui potensi pasar secara tepat.

“Sehingga, dapat mendukung program nasional pemerintah khususnya dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini,” ucapnya. (Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker