DESTINATIONHot NewsNews

Indahnya Panorama Bromo dari Puncak B29

Infopenerbangan – Indonesia kaya potensi wisata, sejumlah daerah kini berlomba mempromosikan potensi wisata daerahnya. Seperti Kabupaten Lumajang yang menunjukan potensi daerahnya dengan nama puncak B29, dari kawasan yang memiliki ketinggian 2900meter diatas laut (mdpl) ini menampilkan keindahan kawasan Gunung Bromo.

Puncak B29 ini merupakan sebuah bukit yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), TNBTS masuk ke dalam program pengembangan destinasi wisata yang akrab disebut 10 Bali Baru.  Puncak B29 ini lebih tinggi dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 mdpl. Sehingga pemandangan yang tersaji terasa amat mengagumkan.

Di Puncak B29, Pengunjung akan bisa melihat pemandangan yang indah berupa gunung Bromo, Gunung Batok dan lautan pasir yang berada tepat dibawah Puncak B29. Untuk melihat pemandangan yang lebih eksotis, pegunjung disarankan datang ke Puncak B29 sebelum matahari terbit sehingga dari atas Puncak B29, pengunjung akan bisa melihat pemandangan matahari terbit dibalik gunung Batok dan Gunung Bromo, dengan latar belakang Gunung Semeru. Bila beruntung, pengunjung akan bisa melihat fenomena indah yang biasa disebut sebagai awan tumpah. penyebutan awan tumpah itu adalah kiasan dimana kita seperti berada di atas awan dan Puncak B29 sendiri biasa disebut sebagai Negeri Diatas Awan.  Dari situ anda dapat melihat bagaimana lautan pasir yang diselimuti kumpulan awan, dan secara perlahan sirna saat lembayung tercipta.

Jika anda ingin berkunjung ke Puncak B29, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga Desa Argosari atau desa terakhir sebelum puncak B29. Dari situ, pengunjung akan bisa kepuncak menggunakan jasa Ojek dimana
dari Desa Argosari hingga ke Puncak B29, pengunjung bisa menyewa ojek tersebut dengan tarif Rp 75.000 sekali jalan hingga kepuncak atau Rp 150 ribu pp.

Disepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandang eksotis berupa gugusan gunung yang tersusun rapi dengan di tanami beberapa tanaman seperti Kentang, Cabai, Kol dan sebagainya dengan latar belakang Gunung Semeru dikejauhan. Biaya Ojek tersebut Biaya ini merupakan hasil kesepakatan paguyuban ojek setempat,

Bagi anda yang menggunakan transportasi pribadi hingga ke desa Argosari, pengunjug juga tak perlu takut kemalaman disana karena desa tersebut banyak disediakan Homestay-homestay bagus yang dapat dijadikan tempat beristirahat jelang dan usai menikmati pemandangan di Puncak B29. Bagi anda yang menggunakan roda dua untuk kesana, disarankan tetap memarkirkan kendaraanya di Desa Argosari dan tetap memilik transportasi ojek karena medan yang akan ditempuh untuk bisa sampai ke Puncak B29 amat terjal dan perlu kemahiran bagi para pengendaranya. Lantaran bila tidak berhati-hati akan terjun ke tebing yang berada disisi kanan dan kiri di lokasi tersebut.

Hingga kini pihak Kementerian Pariwisata dan juga Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang berusaha memperkenalkan Puncak B29 sebagai lokasi wisata baru bagi para wisatawan yang kebetulan singgah ke Bromo. Segala persiapan untuk menciptakan lokasi wisata baru itu pun tengah dalam proses pengerjaan
dimana diatas puncak B29, pengunjung nantinya dapat beristirahat di sebuah bangunan persistirahatan lengkap dengan toiletnya. (Eky Fajrin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker