Infopenerbangan,- Bagi sebagian orang, perjalanan udara menggunakan pesawat adalah sebuah pengalaman menegangkan. Terlebih perjalanan tersebut adalah kali pertama. Tak hanya itu, belum lagi ruangnya yang tak terlalu luas dan kerap beradu siku dengan penumpang lain.

Dikutip dari laman News.com.au, Senin (10/8/2017), meski begitu, ada banyak cara yang dilakukan oleh maskapai penerbangan untuk membuat para penumpangnya merasa tenang ketika berada di udara. Termasuk mendesain kursi dengan warna biru.

Alasan utama untuk warna biru tua yang populer digunakan, yakni karena menghasilkan bahan kimia yang menenangkan di tubuh, mengurangi kemungkinan kemarahan pesawat dan menciptakan rasa nyaman.

Para ahli di situs web Color Psychology mengatakan: “Biru adalah warna yang menunjukkan kedamaian,  ini adalah warna laut yang tenang dan langit yang cerah, keduanya terkait dengan ketenangan batin, tenang dan jernih.

Warna biru dapat memperlambat detak jantung dan nafas, jadi itu adalah warna yang baik untuk meditasi atau relaksasi,” tulis situs Colour Psychology.

Mengetahui penjelasan di atas, tentu masuk akal kenapa warna biru dipilih sebagai warna bangku oleh mayoritas pesawat di dunia. Warna biru juga dianggap dapat menenangkan penumpang, khususnya yang punya fobia akan ketinggian atau ruang sempit. (*/NP)

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here