DomestikHighlight

Inikah 10 Profesi Dunia Aviasi yang Anda Cari?

Setelah lulus SMA Anda mau melanjutkan ke mana? Jangan galau, jika Anda nemutuskan tidak melanjutkan studi ke universitas, Anda bisa menempuh pendidikan ke dunia penerbangan dan setelah lulus, Anda bisa langsung berkarier di dunia penerbangan dengan profesi berikut ini:

1. Penerbang
Menjadi pengemudi pesawat terbang memang keren. Biaya pendidikannya memang lumayan mahal, tapi gaji orang yang menyandang profesi ini sangat menggiurkan.

Seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbang dan otoritas penerbangan. Jika dinyatakan lulus, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang (pilot license).

Dalam tugasnya di kokpit pesawat, pilot (captain) dibantu oleh seorang ko-pilot (first officer) guna mewujudkan tercapainya misi penerbangan.

2. Awak Kabin
Orang-orang yang bekerja di bagian ini lebih popular dengan ebutan pramugari (wanita), meskipun ada pramugara (laki-laki).

Tanggung jawab utama para awak penerbangan adalah keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat. Tugasnya berada di kabin menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan atau biasa disebut serving.

Awak kabin (flight attendant) identik dengan senyuman, mereka dengan senang hati mendengarkan curahan hati penumpang yang sedang sedih ataupun gembira tanpa penumpang mengetahui apa yang ada di dalam hati cabin crew. Perasaan susah, sedih, harus disimpan rapat-rapat saat seragam dikenakan.

3. Teknisi
Mekanik atau tukang bengkel pesawat udara tugasnya memeriksa, memperbaiki dengan teliti dan memasang mesin-mesin atau komponen pesawat. Kerjanya memang di balik layar.

Kendati itu, peran penting penerbangan tidak hanya pilot, tapi juga teknisi Aircraft Maintenance Engineer. Tanpa teknisi, si burung besi tak bisa terbang. Bahkan pilot pun harus “tunduk” pada rekomendasi dari seorang teknisi jika ada persoalan teknis yang menyangkut keselamatan.

4. “Pilot Darat”
Kerjanya juga di belakang layar, Flight Operations Officer (FOO) merupakan seseorang yang melaksanakan tugas sebagai operasi kontrol penerbangan, yaitu Flight Dispatch, Operation Controller dan Flight Following.

Fungsi itu dimulai dari persiapan sebelum penerbangan seperti menghitung performance pesawat, menghitung keseimbangan pesawat (Central of Grafity) dan mendapatkan pembakaran bahan bakar (fuel) paling ekonomis; menganalisis cuaca di stasiun keberangkatan, alternate dan kedatangan yang distandarkan oleh badan berwenang; menganalisis Notice to Airman (NOTAM) untuk memastikan kondisi seluruh stasiun dan sepanjang jalan penerbangan (en-route), hingga pesawat tiba di tujuan.

5. Pemandu Lalu Lintas
Penyandang profesi ini umumnya berada di menara bandara. Pemandu Lalu Lintas Udara atau Air Traffic Controller – ATC ialah yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah agar pesawat satu dengan yang lain jangan terlalu dekat guna mencegah tabrakan udara dan sebagainya.

ATC juga berperan membantu awak kokpit dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan dan informasi lalu lintas udara).

6. “Juru Parkir”
Bukan sembarang petugas parkir, marshalling adalah profesi yang memberikan komando kepada pilot untuk memakirkan pesawatnya ketika telah mendarat dan memasuki landas parkir (apron).

Seorang marshaller harus benar dan tepat dalam memberikan tanda kepada pilot. Memarkirkan pesawat harus berhati-hati, tidak boleh lengah sedikit pun. Meskipun hanya memakirkan pesawat, seorang marshaller membutuhkan pendidikan khusus juga.

7. Petugas Darat
Ground Staff adalah petugas di sebuah maskapai untuk ground handling, cargo handling dan ticketing. Sering disebut sebagai pramugari/pramugara selama di darat.

Tugasnya menangani bagasi penumpang, kargo pesawat, loading dan unloading pesawat, membantu penumpang dalam proses check-in, boarding dan disembarking, menyapa penumpang sebelum memasuki pesawat. Untuk itu diperlukan keahlian customer service dan complaint handling.

8. Petugas Keamanan
Aviation Security (Avsec) adalah personal yang bertugas untuk melakukan pengamanan dan perlindungan terhadap penumpang, awak pesawat, para petugas di darat, pesawat udara dan instalasi di bandar udara dari tindakan melawan hukum serta memberikan perlindungan terhadap operator pesawat udara.

Pada umumnya, posisi mereka tersebar di berbagai area terminal, mulai dari pintu masuk hingga masuk ke area ruang tunggu.

9. Pengisi Bahan Bakar
Petugas pengisi bahan bakar minyak pesawat (avtur) atau aircraft fueler wajib memiliki spesifikasi dan pendidikan khusus. Di samping dibekali sertifikat, dirinya diberikan pedoman dan pengarahan terus menerus dari pimpinan, agar tidak salah.

10. Pelayanan Pelanggan
Petugas customer service, profesinya untuk memberikan kepuasan pelanggan, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan calon penumpang. Orang-orang yang menyandang profesi ini berperan sangat penting dalam membangun image perusahaan karena bersentuhan langsung dengan customer.

(Foto : AVIASI/Tatan)

Tags

Related Articles

2 thoughts on “Inikah 10 Profesi Dunia Aviasi yang Anda Cari?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker