DomestikHighlightHot NewsNewsVideo

IPI Menyikapi Konflik Asosiasi Pilot Lion Dengan Management Lion Group

Infopenerbangan.com, Jakarta –Pada hari Senin 8 Agustus 2016 pukul 11.30, para pilot yang tergabung dalam Ikatan Pilot Indonesia (IPI) mengadakan jumpa pers di kantor sekertariat IPI Gedung Graha  Dirgantara Lantai 2 Unit B  Jalan Protokol Halim Perdana Kusuma No.8, Jakarta Timur. Jumpa pers ini diadakan setelah melihat perkembangan yang terjadi antara kubu Asosiasi Pilot Lion dengan pihak Manajemen Lion Group. Pada kesempatan ini IPI menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut.

Industri penerbangan merupakan industri yang vital dalam mendukung perekonomian dan kestabilan nasional. Industri penerbangan nasional tidak terlepas dari peran aktif pemerintahsebagai regulator, operator penerbangan sebagai pelaku usaha dan pilot sebagai ujung tombak dan asset nasional dalam dunia penerbangan. Pengelola industri penerbangan wajib mengikuti segala bentuk peraturan perundangan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Memperhatikan dinamika dan perkembangan yang terjadi pada penerbangan nasional saat ini maka Ikatan Pilot Indonesia sebagai organisasi yang mewadahi seluruh Pilot Indonesia dalam menjaga akuntabilitas dan integritas profesi menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

Ikatan Pilot Indonesia senantiasa mendukung tegaknya peraturan dan perundangan dalam penerbangan, baik Undang-Undang Penerbangan Republik Indonesia, Peraturan keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) dan International Civil Aviation Organiozation (ICAO) annexes.

  1. Ikatan Pilot Indonesia turut serta secara aktif dalam mengawasi dan mendukung Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementrian Perhubungan dalam penegakan Undang-Undang Penerbangan atau Peraturan Keselamatan Penerbangan yang berlaku dalam menjaga kesinambungan dan atau Peraturan Keselamatan Penerbangan yang berlaku dalam menjaga kesinambungan keselamatan penerbangan nasional.
  2. Ikatan Pilot Indonesia turut serta secara aktif dalam mengawasi dan mendukung Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam penegakan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bagi profesi Pilot Indonesia.
  3. Ikatan Pilot Indonesia menghimbau kepada seluruh operator / perusahaan penerbangan dan seluruh pihak terkait lainnya untuk mematuhi dan mengimplementasikan :
  4. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.
  5. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  6. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja / Serikat Buruh
  7. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
  8. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial.
  9. Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS).
  10. Ikatan Pilot Indonesia menolak segala bentuk intimidasi, kriminalisasi, tindakan melawan hukum dan penyalah gunaan kekuasaan terhadap profesi pilot dan atau organisasi profesi pilot yang akan berdampak pada menurunnya keselamatan penerbangan dan menghilangkan kepercayaan public terhadap moda transportasi udara.
  11. Ikatan Pilot Indonesia menghimbau kepada seluruh anggota Ikatan Pilot Indonesia untuk tetap aktif menjalankan tugas dengan tenang dan professional, menjaga situasi yang kondusif, patuh kepada seluruh peraturan dan tidak terpengaruh oleh perkembangan yang saat ini terjadi serta tetap menjaga keselamatan penerbangan.

Pernyataan sikap ini disampaikan oleh Capten Rama Valerino Noya sebagai Ketua I Ikatan Pilot Indonesia dan didampingi oleh beberapa Pengurus lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker