CareerRagam

Jika Profesi Pilot Masih Menjadi Pilihan

Infopenerbangan.com- Jika profesi pilot masih menjadi pilihan inilah beberapa tips memilih sekolah pilot yang bagus.

Menjadi pilot adalah merupakan impian banyak orang. Namun hingga saat ini, tingginya biaya pendidikan membuat para orang tua memeras otak untuk mendukung anaknya yang ingin menjadikan pilot sebagai profesinya kelak. Maka, banyak hal-hal yang harus diperhitungkan dalam memilih sekolah pilot, jangan sampai biaya menjadi sia-sia karena ketidak tahuan dan kurangnya informasi tentang akademi pilot yang dipilih.

Maka kami tim redaksi infopenerbangan.com menghimpun tips cerdas memilih sekolah pilot ideal.

 

  1. Pastikan akademi tersebut memiliki reputasi, perusahaan stabil dan banyaknya lulusan akademi tersebut yang diterima di maskapai penerbangan.

 

  1. Cari sekolah dengan fasilitas pembayaran seperti bank loan atau cicilan ringan, STPI Curug dan Banyuwangi bisa menjadi pilihan atau akademi swasta yang terdapat fasilitas tersebut.

 

  1. Sekolah pilot yang baik punya airport sendiri. Sekolah pilot yang airportnya berbagi dengan commercial airport pasti akan sangat terganggu jadwal latihan terbangnya. Bagaimana tidak, pengelola bandara pasti mementingkan pesawat commercial daripada pesawat latihan. Tidak heran, jadwal latian Anda (dan teman-teman yang lainnya) terganggu. Kalo sudah begini, Anda mana bisa lulus tepat waktu?

 

  1. Perhatikan jam terbang yang akan anda dapatkan disekolah tersebut. Jika nantinya anda kurang jam terbang, anda akan susah dapat kerja, dimanapun Anda mengirim lamaran anda, anda pasti akan dites kemampuan menerbangkan pesawat. Disini akan terlihat kalo Anda kurang pengalaman karena jam terbang yang singkat. Jadi pilihlah sekolah dengan jam terbang yang tinggi agar Anda benar-benar terlatih dalam menerbangkan pesawat.

BACA JUGA :

  1. Cari tahu juga jumlah pesawat latihnya. Karena dipakai bergantian setiap siswa, idealnya, setiap 1 pesawat latih, digunakan oleh 5 orang siswa. Jadi jika rata-rata jumlah siswanya 50, idealnya paling tidak memiliki 10 pesawat latih sehingga waktu nunggunya jadi lebih effisien.

  1. Penting juga untuk mengetahui profil instruktur atau tenaga pengajarnya. Sebagian sekolah pilot memperkerjakan pilot lulusan mereka sendiri yang baru punya jam terbang yang minim. Baiknya, carilah sekolah yang punya instruktur diatas 1000jam (lebih bagus lagi kalo bisa diatas 2000jam) karena mereka punya cukup pengalaman untuk mengajar.

 

  1. Sekolah yang baik menyediakan lisensi MER. MER adalah Multi Engine Rating, yang merupakan lisensi setingkat diatas IR. Untuk jadi seorang calon pilot Anda membutuhkan lisensi PPL (Private Pilot License), CPL (Civil Pilot License), dan IR (Instrument Rating). Namun sekarang airline (baik lokal maupun luar negeri) lebih suka pilot yang sudah punya lisensi MER karena sudah lebih siap kerja.

 

Dengan mengetahui informasi di atas, Anda bisa menilai mana sekolah pilot yang bagus dan mana yang tidak. Jangan terbuai hanya karena iming-iming harga yang murah, kualitas lulusan juga harus mendapat perhatian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker