DomestikHot NewsNews

Jusuf Kalla: Bandar Udara Kulon Progo Mulai Mei 2016

Info penerbangan – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengatakan bahwa rencana pembangunan bandar udara di Kulon Progo sudah tidak ada persoalan serius, sehingga dapat segera dilaksanakan. Pembangunan bandar udara baru di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan dimulai Mei 2016 dan ditargetkan beroperasi 2019-2020.

“Insya Allah sudah dibangun tahun ini, dimulai Mei. Mudah-mudahan, Mei sudah selesai pembebasan dan desain, sehingga 2019-2020 sudah selesai,” kata Jusuf Kalla di Yogyakarta, Minggu (3/12/2015) lalu.

Terkait kesiapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun Bandar Udara Kulon Progo, lanjut JK, pembangunan bandar udara ini merupakan anggaran dari Angkasa Pura sendiri dan kerja sama dengan luar.

“Ini kan, Airport City itu menghasilkan. Jadi, kami arahkan investasinya BUMN,” tuturnya.

Selain itu, kata JK, pembangunan bandar udara akan diimbangi dengan pembangun infrastruktur lain seperti jalan yang lebar, kereta api yang akan segera dibangun dan tenaga kerja lokal segera harus mendapatkan pelatihan. “Ini membutuhkan tenaga kerja 3.000 orang, mulainya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DIY, Rani Sjamsinarsi mengatakan Pemda DIY menyiapkan anggaran Rp 2,7 triliun untuk percepatan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) untuk mendukung pembangunan bandar udara. Selain itu, Pemda DIY menganggarkan Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar untuk pembebasan lahan JJLS. (Fjn)

Tags

Related Articles

1 thought on “Jusuf Kalla: Bandar Udara Kulon Progo Mulai Mei 2016”

  1. Semoga groundbreaking bandara Kulon Progo bisa berjalan dengan lancar dan tidak tertunda-tunda lagi,karena itu semua demi kemajuan kita bersama.Pembangunan bandara Kulon Progo sangat penting bagi kemajuan kota Kulon Progo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker