DomestikHighlightHot NewsNews

Jumlah Penumpang Bandara AP I-II Tumbuh 14,21 persen

Infopenerbangan.com, – Transportasi udara di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang positif, hal itu bisa terlihat dari jumlah penumpang yang dari tahun ke tahun menunjukan peningkatanya.

Jumlah penumpang angkutan udara yang dilayani PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II sepanjang Januari-September 2016 mencapai 132,72 juta penumpang, tumbuh 14,21% dari periode yang sama tahun lalu.

Dari total penumpang tersebut, sebanyak 69,66 juta penumpang dilayani Angkasa Pura II dengan kontribusi 52,48%. Sementara, Angkasa Pura I menyumbang sebanyak 63,05 juta penumpang, atau sekitar 47,51%.

Kendati Angkasa Pura II melayani penumpang lebih banyak, laju pertumbuhan penumpang yang diangkut Angkasa Pura I justru lebih tinggi, yakni sekitar 17%. Adapun, Angkasa Pura II hanya mencatatkan pertumbuhan sekitar 12%.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi, dikutip dari tempo mengatakan peningkatan jumlah penumpang yang dilayani perseroan tersebut sejalan dengan dibukanya rute-rute baru, seperti di Bandara Adisumarmo Solo dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Adisumarmo menjadi bandara dengan pertumbuhan penumpang domestik tertinggi, yakni 53%. Sementara Sam Ratulangi mencatatkan pertumbuhan penumpang internasional tertinggi, yakni 77% karena didorong penerbangan carter,” katanya.

Selain itu, tambah Israwadi, Angkasa Pura I juga memberikan dukungan terhadap beberapa event pariwisata, seperti Tour de Flores, Paragliding Accuracy World Cup, Solo International Performing Arts, dan Jazz & World Music Festival 2016. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker