DomestikHot NewsNews

Kejar Sertifikat, N219 Jalani Uji Coba Terbang Ke 15 Hari Ini

Infopenerbangan,- Pesawat N 219 masih melakukan serangkaian uji coba terbang sebagai syarat mendapatkan sertifikasi laik terbang.

Pesawat tersebut melakukan uji coba terbang ke 15 kalinya selama satu jam di Landasan Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (2/2/2018) pukul 09.00 WIB. Ester Gayatri Saleh jadi pilot pesawat itu.

Tenaga Ahli PT Dirgantara Indonesia (DI), Andi Alisjahbana mengatakan, flight test merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi layak terbang dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU)

“Dari 15 kali test sekarang baru 18 jam dari syarat 300 jam terbang,” ujar Andi saat ditemui seusai uji coba, Jumat siang.

 

Pada uji terbang kali ini, PR DI fokus kepada kemampuan Pesawat N219 pada flip condition sekitar 10 derajat.

“Yang hari ini dilakukan untuk melihat respons elevator, yaitu di bagian belakang pesawat ada semacam buntut, dan buntutnya itu vertikal serta horizontal,” kata dia.

“Jadi, kami tes, ada bulu-bulunya di bagian buntut pesawat dan itu untuk melihat aliran udaranya sesuai rencana atau tidak, kalau tidak sesuai, nanti kami perbaiki,” kata dia.

Agar 300 jam terbang bisa tercapai dalam waktu singkat, Andi mengatakan PT DI saat ini tengah mempercepat pembuatan prototipe kedua N219.

“Dengan dua pesawat masing-masing bisa 150 jam. Prototipe kedua kita selesaikan akhir bulan ini,” tandasnya. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker