Hot NewsInternasionalNews

Kepulan Asap Penuhi Kabin Pesawat, Penumpang Selamat

Infopenerbangan,- Kabin pesawat Allegiant Air yang terbang ke California, Amerika Serikat (AS) tiba-tiba dipenuhi asap pada Senin (25/9/17) lalu.

Kejadian bermula saat pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Fresno Yosemite, California. Asap tiba-tiba muncul dan langsung memenuhi kabin pesawat sehingga mengganggu penumpang dan menyebabkan kepanikan.

Banyak penumpang yang batuk akibat asap tersebut. Untuk menghindari kepulan asap, penumpang menutup wajah mereka dengan pakaian yang dikenakan. Setelah mendarat, petugas pemadam kebakaran langsung masuk ke kabin pesawat kemudian mengevakuasi penumpang dan mencari sumber datangnya asap.

Beruntung, tak ada penumpang yang terluka dalam peristiwa ini. Seluruh penumpang yang berjumlah 150 orang serta enam kru pesawat berhasil diselamatkan.

Menurut salah satu penumpang, Estevan Moreno, asap diketahui mulai muncul dari bagian depan pesawat. Saat asap mulai memenuhi kabin, penumpang langsung menutupi wajah mereka.

“Kami menggunakan baju untuk menutupi wajah dari asap. Saya batuk akibat asap itu,” ujar pria berusia 34 tahun itu.

Menurut Moreno, saat mengetahui asap muncul, pramugari tak langsung bertindak. Mereka hanya mengatakan akan mengeluarkan serbet basah dan membantu penumpang untuk menutup mulut mereka. Tak ada pertolongan yang diberikan kru pesawat.

Setelah petugas pemadam kebakaran naik ke pesawat, pramugari meminta penumpang untuk mengambil barang-barang mereka. Setelah itu, penumpang diminta keluar dari pesawat menggunakan tangga belakang.

Sebagai permintaan maaf atas insiden itu, maskapai pesawat tersebut memberikan voucher kepada para penumpang. Voucher senilai USD50 atau sekira Rp667 ribu itu dapat digunakan penumpang saat ingin melakukan penerbangan kembali.

Menurut pihak Allegiant Air, insiden ini terjadi karena masalah mekanis. Mereka mengaku telah melakukan prosedur penyelamatan dengan baik saat peristiwa itu terjadi. Penumpang dikeluarkan dari pesawat dengan sangat hati-hati. Bahkan, menurut pejabat administrasi bandara, penumpang dikawal hingga terminal saat keadaan darurat ini terjadi. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker