Hot NewsInternasionalNews

Kesalahan Teknis Pada ATC, Sejumlah Penerbangan Batal di Sydney

Infopenerbangan,- Sejumlah penerbangan sesaat tertunda untuk lepas landas dan mendarat di terminal domestik Bandara Sydney pada Senin (25/9) selama periode perjalanan pagi yang padat karena kesalahan teknis dengan sistem kontrol lalu lintas udara.

Menurut keterangan bandara, masalah tersebut telah terselesaikan. Namun para petugas setempat mengatakan para turis menghadapi penundaan perjalanan akibat pemadaman listrik.

Pengawas lalu lintas udara pemerintah Air Services Australia (ASA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengalami masalah teknis yang mempengaruhi kedatangan dan keberangkatan pesawat di Bandara Sydney. ASA tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun papan di bandara mencatat penerbangan tertunda karena kegagalan radar ATC.

Maskapai Virgin Australia, Qantas, dan Jetstar juga dilaporkan sudah mengonfirmasi akan terjadi penundaan penerbangan sepanjang hari.

Masalah teknis kabarnya sudah diselesaikan pada pukul 9 pagi, dan bandara bisa kembali melayani penerbangan. Namun, penerbangan hingga saat ini harus beralih menjadi kontrol lalu lintas manual, sembari menunggu ATC selesai diperbaiki. Pesawat pun harus terbang dalam kecepatan rendah, demi menghindari risiko.

“Bandara belum beroperasi normal. Kami sedang bekerja keras melakukan penerbangan untuk mengurangi jumlah penumpang yang terkena delay,” kata juru bicara Air Service Australia Sarah Fulton.

Seorang penumpang juga mengatakan penerbangan di Bandara Sydney masih belum kembali normal. Bila biasanya selama satu jam terdapat 80 penerbangan, hingga pagi ini masih berkisar 15 pemberangkatan.

“Gagal berangkat karena masalah ATC,” tulis salah seorang penumpang lewat akun Twitternya.

Penundaan yang terjadi di Bandara Sydney juga berpengaruh di Melbourne. Pesawat yang hendak terbang dari Melbourne ke Sydney masih terlantar di Bandara Melbourne, dan diperkirakan tertunda sepanjang hari. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker