Hot NewsInternasionalNews

Lakukan Manuver, Pilot Wanita Air India Selamatkan 261 Penumpang

Infopenerbangan,- Dua pesawat komersial India nyaris bertabrakan di atas kota Mumbai, beruntung manuver seorang pilot perempuan Air India membuat bencana batal terjadi.

Kapten pilot Anupama Kohli melakukan manuver mengejutkan dengan menukikkan pesawat Air India sehingga aksinya berhasil mencegah bencana penerbangan yang nyaris menelan korban 261 jiwa.

Saat itu, pesawat Airbus A320neo dengan nomor penerbangan UK 997 milik maskapai penerbangan Vistara, terbang amat dekat dengan Airbus A319 milik Air India bernomor penerbangan AI 631.

Pesawat milik Vistara itu terbang dari New Delhi menuju Pune, membawa 162 penumpang. Sedangkan Air India berasal dari Mumbai menuju Bhopal, dengan 109 penumpang.

“Air India salut (kepada) Kapten Anupama Kohli karena mencegah tabrakan di udara pada 7 Februari 2018 di atas wilayah udara Mumbai,” puji maskapai Air India melalui akun Twitter-nya, @airindiain.

Mengutip laporan Times of India, Selasa (13/2/2018), di tengah penerbangan, kapten pilot di pesawat Vistara pergi ke Toilet dan meninggalkan kopilot sendirian di kokpit.

Aturan penerbangan internasional mengharuskan dua awak pesawat berada di kokpit penerbangan pada saat bersamaan. Ketika kapten pilot Vistara meninggalkan kokpit, seorang pramugari masuk.

“Di saat itu seorang pramugari beradu argumen dengan menara kontrol sementara sang kapten sedang pergi ke toilet. Air India dikemudikan oleh Kapten Anupama Kohli. Kemungkinan ada instruksi yang tertukar dalam beberapa detik itu,” imbuh sumber yang namanya dirahasiakan itu.

Otoritas pengontrol lalu lintas udara (ATC) lokal mengarahkan pilot Vistara untuk menurunkan ketinggian terbang hingga 27.100 kaki. Tapi, instruksi itu membuat pesawat Vistara berada 100 kaki di atas Air India A319 yang sedang terbang.

“Pada titik ini, pesawat-pesawat itu berjarak (dekat) beberapa detik satu sama lain,” kata seorang sumber tersebut.

Saking dekatnya kedua pesawat, Kapten Kohli bahkan bisa melihat pesawat Vistara mendekat. Dia juga mendengar petugas ATC bertanya kepada pilot Vistara mengapa pesawat itu melaju di ketinggian tersebut. Pilot Vistara menjawab; “Tidak, Anda menyuruh saya untuk sampai pada level ini.”

Beberapa saat sebelum kecelakaan udara bisa terjadi, sistem penghindaran tabrakan lalu lintas (TCAS) membunyikan alarm di kokpit pesawat  Air India hingga akhirnya dia melakukan manuver brilian.

Resolution Advisory (RA) berbunyi ‘naik naik naik’. Mengikuti saran itu Kapten Kohli dengan cepat bermanuver naik dan berbelok ke kanan untuk menghindari pesawat Vistara.

Pihak maskapai Air India memuji Kapten Anupama Kohli karena dengan sigap melakukan manuver sehingga kedua pesawat tidak tabrakan dan menyelamatkan 261 orang penumpang.

Sementara itu, juru bicara maskapai penerbangan Vistara hanya memberi komentar normatif terkait insiden tersebut.

“Kedua pilot telah mengikuti prosedur yang berlaku untuk mencegah kecelakaan dan menerbangkan pesawat mereka dengan selamat,” demikian pernyataan Vistara. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker