DomestikHighlight

Layanan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali Terbaik ke-7 Dunia

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandar Udara Juanda Surabaya berhasil mencatatkan diri masuk sebagai sepuluh besar bandar udara (bandara) dengan tingkat layanan terbaik di dunia berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada periode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014).

Di kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang per tahun, ACI melakukan penilaian di 31 bandara di dunia. Peringkat kedua bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) ini lebih baik jika dibandingkan dengan Bandara Kansai Osaka di Jepang.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara, yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada. Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat makan, ketersediaan bank/ATM/money changer, sarana hiburan dan rekreasi di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Pengelola bandara di dunia sangat selektif dan hanya mengajukan bandara terbaiknya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indonesia, Angkasa Pura I mengikutkan empat bandaranya, sementara Angkasa Pura II lima bandara. Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di ranking ketujuh dunia di kategori 5-15 juta penumpang per tahun, sekaligus merupakan bandara Indonesia dengan ranking dunia terbaik di kelasnya. Demikian seperti yang diberikan dalam keterangan tertulisnya. Hasil ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan level of service yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I selama ini cukup berhasil.
Kami bertekad untuk terus meningkatkan layanan di bandara-bandara kami, sehingga visi Angkasa Pura I untuk menjadi sepuluh besar perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia di tahun 2020 bisa terwujud lebih cepat dari target yang ditetapkan,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo. (Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker