Foto: pasirpantai.com

Infopenerbangan,- Libur Lebaran merupakan libur panjang yang paling ditunggu tidak hanya oleh umat yang merayakannya tetapi juga oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Biasanya setiap perusahaan memberikan jatah libur lebaran selama seminggu sebelum atau sesudah Hari Raya Idul Fitri kepada karyawannya.

Nah, banyak orang yang memilih untuk menghabiskan libur Lebaran tersebut untuk mudik atau sekedar berjalan-jalan ke luar kota bersama keluarga. Selain menjadi rute yang paling banyak diminati ketika mudik lebaran, tempat tempat berikut ini juga memiliki obyek wisata yang tidak kalah indahnya dengan Bali, seperti:

 

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

 

Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul ini menjadi kebanggaan warga Yogyakarta. Betapa tidak, gumuk pasir ini hanya ada segelintir jumlahnya di seluruh dunia. Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo.

Meski gumuk pasir terdapat juga di Vietnam, dan Filipina, namun hanya Gumuk Pasir Parangkusumo yang menjadi lokasi sandboarding. Dengan merogoh kocek Rp 70.000, wisatawan bisa menyewa papan untuk sandboarding sepuasnya. Harga itu sudah termasuk pemandu yang sigap mengajarkan cara meluncur dari gundukan pasir.

2. Candi Cetho, Solo

Beberapa candi di tanah air menyimpan misteri dan keunikan tersendiri, salah satunya adalah Candi Cetho. Letaknya di Dusun Cetho, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. Berada di lokasi cukup tinggi yakni sekitar 1.496 mdpl, dengan jalan berkelok dan melewati kebun teh juga pemandangan indah luar biasa, candi ini layak jadi destinasi berlibur Anda.

Lokasi yang terletak di ketinggian, dengan 13 undakan atau teras membuat suasana Candi Cetho senyap, terkesan misterius serta agak bikin merinding karena aroma dupa yang kuat disana. Hingga kini pun Candi Cetho masih digunakan untuk beribadah pada saat-saat tertentu.

Untuk masuk ke lokasi candi, tiket masuk pun sangat murah yakni hanya sekira Rp5000 saja per orang. Lalu Anda harus menyewa kain khusus yang digunakan saat berada di lokasi kompleks candi.

3. Pantai Kenjeran, Surabaya

Foto: pasirpantai.com

Meskipun tidak begitu tersohor dengan wisata pantai, Kota Surabaya yang berada di tepi laut ternyata memiliki objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata pantai yang terkenal di Kota Surabaya ialah Pantai Kenjeran.

Pada hari libur, Pantai Kenjeran senantiasa di padati pengunjung. Khususnya penduduk Kota Surabaya sendiri, menjadikan Pantai Kenjeran sebagai tempat refreshing untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Kenjeran buka setiap hari selama 24 jam. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin datang sewaktu-waktu.

Harga tiket masuk pantai Kenjeran pada 2016 sebesar Rp 5.000/orang. Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi, Anda juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000/unit untuk kendaraan roda dua dan Rp 12.000/unit untuk kendaraan roda empat.

4. Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon / ideliburan.com

Brown Canyon Semarang sebenarnya merupakan sebuah proyek galian yang sudah berumur 10 tahun lebih.

Sebenarnya brown canyon bukanlah tempat wisata melainkan sebuah perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubah wujud seperti layaknya grand canyon yang mempesona di Amerika.

5. Pantai Goa Cina, Malang

Pantai Goa Cina / viva.co.id

Pantai Goa cina terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari pusat kota berjarak kurang lebih sekitar 75 KM, dan memakan waktu kurang lebih 2,5-3 jam perjalanan, pantai ini berada di pesisir laut Jawa yang memiliki gelombang ombak yang lumayan besar, meskipun memiliki gelombang ombak yang cukup besar pantai ini sangat ramai dikunjungi pada hari libur atau tanggal merah.

Area Pantai Goa Cina ini tidak terlalu luas, namun keberadaan tiga pulau kecil yang ada di tengah pantai yang membuat panti ini menarik, nama-nama pulau ini adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya, ketiga pulau inilah yang menjadi ciri khas Pantai Goa Cina.

Di pinggir panti Goa Cina terdapat pepohonan rimbun dan hijau berbagai jenis pohon terdapat di pantai Goa Cina seperti  Pohon Ketapang, Cembirit, dan jenis-jenis pohon yang mempunyai daun lebar, yang akan membantu wisatawan untuk berteduh dari panasnya matahari yang sangat panas, dan warna air laut yang jernih dan bersih yang membalut pasir putih yang ada di Pantai Goa Cina. (*/NP)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here