DESTINATIONHot NewsNews

Liburan Ke Selayar Jangan Lewatkan Untuk Ke-6 Lokasi Wisata Ini

Infopenerbangan – Indonesia kaya akan tempat wisata yang bernuansa bahari, salah satunya yaitu pulau Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan. Berada  di 10.503,69 km² (wilayah daratan dan lautan) ini memiliki 11 kecamatan dengan Kecamatan Benteng sebagai ibukota kabupatennya ini punya puluhan destinasi menarik yang sayang dilewatkan bila berkunjung ke sini.

Untuk berkunjung kesini bisa melalui jalur darat, laut dan jalur uddara. Bila menggunakan perjalanan udara, wisatawan bisa menggunakan pesawat maskapai Wings Air dari bandara Internasional Hassanuddin Makassar.

Untuk jadwalnya sendiri, Wings Air memang baru sekali menerbangkan pesawatnya ke Selayar yakni pada pukul 08.50 Wita dan dari Selayar pukul 09.55 WITA menggunakan pesawat berjenis ATR dengan kapasitas penumpang hingga 50 orang. Rencananya awal tahun 2018 mendatang, maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga berencana akan menerbangkan pesawatnya ke Selayar.

Berikut beberapa destinasi wisata baik itu wisata budaya, sejarah maupun alam yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar yang wajib dikunjungi para wisatawan saat berkunjung kesana.

1. Gong Nekara 

Gong yang berada ditemukan pada tahun 1868 ini berada di pulau selayar dan hanya berjarak 4 km dari Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar. Gong yang terbuat dari perunggu itu konon kabarnya hanya ada dua didunia (Satu gong lagi berada di Tiongkok) dan merupakan peninggalan dari kebudayaan Dongson. Oleh para sejarawan, Gong ini diklaim sebagau salah satu contoh terbaik dari pengerjaan logam yang ada di dunia. Pada zamannya, gong ini digunakan untuk pemberitahuan perang (genderang perang) serta digunakan sebagai alat upacara kerajaan dan ritual lainnya. Gong ini kini disimpan dalam sebuah tempat dan menjadi barang yang dilestarikan oleh masyarkat Selayar.

2. Perkampungan Nelayan tua dan Jangkar Tua Padang 

Perkampungan nelayan tua yang berada di Pulau selayar ini memang cukup menarik dan bisa dijadikan lokasi wisata menarik yang ada di Kepulauan Selayar. Pasalnya, dikampung yang berada tak jauh dari Bandara Aeroppala ini merupakan perkampungan nelayan tua yang ditinggali oleh ratusan orang yang menggantungkan hidupnya dari mencari ikan. Uniknya, di perkampungan tersebut terdapat dua buah Jangkar besar dan 3 meriam tua peninggalan kapal saudagar Tiongkok dari abad ke 17. Kampung Padang sendiri berasal dari kata ‘Pada’ yang berarti tumpukan pasir dan karang, dimana kampung ini dulunya sering disinggahi kapal-kapal besar untuk mencari air dan jadi tempat berlindung sementara dari cuaca ekstrim ditengah laut. Jangkar pertama yang memiliki panjang 226 cm (2,26 m) dengan panjang lengkungan 167 cm dan lingkar batang 60 cm, sementara jangkar kedua memiliki panjang 229 cm dengan panjang lengkungan 117 cm dan lingkar batang 70 cm ini berada tepat ditengah perkampungan Padang. Dan perkampungan ini bisa dijadikan lokasi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pulau selayar.

3. Kampung Penyu 

Kampung yang terletak di dusun Tulang ini merupakan lokasi penangkaran penyu. Lokasi kampung ini dapat diakses dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat sekitar ± 15 menit dari ibukota kabupaten Benteng ini memang merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi oleh wisatawan lantaran dilokasi itu, berbagai jenis penyu dapat dijumpai oleh para wisatawan. Bila beruntung, wisatawan juga dapat melihat 4 jenis penyu yang ada bertelur sebelum nantinya bermigrasi ketempat lainnya. Dari kampung ini, waisatawan juga dapat berenang dan menyelam lantaran karangnya yang masih asri dan belum terjamah. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat indahnya matahari tenggelam (sunset) dari lokasi ini.

4. Kampung Tua Bitombang Yang Merupakan Kampung Asli masyarakat Selayar 

Perkampungan tua Bitombang ini berada 7km dari pusat kota Benteng. Perkampungan ini merupakan perkampungan asli masyarakat Selayar. Uniknya, perkampungan ini berada di permukaan tanah yang tidak rata (bukit) sehingga rumah yang dibangun oleh masyarakat disanggah oleh tiang-tiang tinggi hingga 10-12 meter pada bagian belakangnya. Sedangkan bagian depannya hanya 1-2 meter. Tiang-tiang rumah yang ada itu berasal dari kayu biti’ / holasa yang punya kualitas terbaik dimana hingga ratusan tahun sejak dibangunnya, bangunan itu tetap berdiri dengan kokohnya. Yang bikin kampung ini tambah menarik adalah penduduk kampung Bitombang sebagian besar berusia lanjut (diatas 90 tahun) dan masih kuat bekerja hingga sekarang. Sebagain masyarakat Selayar meyakini mayarakat kampung Bitombang yang masih kuat bekerja diusia senja itu mendapat ‘barakka’ (Berkah), mereka meyakini tiang rumah yang panjang dan tinggu terkait dengan usia penduduk Bitombang yang panjang juga. Dan kampung ini layak dijadikan destinasi menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang ingin  berkunjung ke Selayar.

5. Taman Nasional Laut Takabonerate 

Bagi wisatawan yang gemar dengan laut, aktivitas Snorkeling dan Diving (menyelam), memancing berjemur dan jelajah pulau dapat dilakukan di Taman Nasional Laut Takabonerate. Pasalnya, di taman nasional yang terdiri dari 21 pulau (7 diantaranya berpenghuni) merupakan lokasi yang cocok untuk segala kegiatan laut. Di Taman Nasional ini terdapat ribuan jenis biota laut dan

hamparan terumbu karang yang sangat indah saat diselami. Bahkan, kawasan terumbu karang yang berada disini merupakan kawasan terumbu karang atol teluas di kawasan Asia Tenggara dan ketiga terluas di dunia dengan tingkat bioversitas yang sangat tinggi. Dan habitat langka dan biota laut yang dilindungi terdapat disini. Dan waktu yang cocok untuk berkunjung kesini adalah bulan September s/d November dan April s/d Juni setiap tahunnya. Untuk bisa menjangkau taman nasional Takabonerate ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan laut, anda membutuhkan waktu tempuh selama empat jam dari Pelabuhan Pattumbukang, Pulau Selayar menggunakan perahu tradisional masyarakat yang dapat disewa selama 24 jam.

6. Pantai Pinang

Pantai Pinang ini merupakan pantai private yang berada di selatan pulau Selayar dan dapat dijadikanlokasi yang cocok buat berlibur karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Di pantai berpasir putih itu, wisatawan dapat melakukan aktifitas menarik seperti menyelam (diving), snorkeling, memancing dan berjemur dipantai lantaran butir halus pantai Pinang akan memanjakan wisatawan untuk menikmati keindahan lautnya. Bagi yang ingin menginap, di pantai pinang juga disediakan beberapa resort yang terbuat dari kayu dan bambu sehingga menimbukan kesan tradisonal. Namun untuk pelayanan, wisatawan tak perlu khawatir lantaran pelayan di resort tersebut sudah cukup berstandar internsional. Lantaran fasilitas yang ada sering menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung kesana, Harga paket resort yang relatif murah juga bisa jadi alasan memilih Pantai ini sebagai lokasi wisata yang menarik. Dan untuk bisa ke pantai ini, wisatawan dapat menyewa perahu tradisional dari pelabuhan Patumbukang dan berlayar kurang lebih 20 menit menuju pantai Pinang. Dan menariknya, disekitar pantai pinang, ada beberapa pantai private lain yang layak dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur ke Selayar seperti pantai Bonetapapalang Pantai Ngapaloka dan pantai Hara yang memiliki beberapa spot menyelam yang memiliki terumbu karang yang indah yang sayang bila dilewatkan.

Selain enam destinasi wisata ini ada lebih dari 120 destinasi wisata yang juga dapat dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Selayar, namun 60-70 persen wisatanya masih wisata berbasis bahari dengan menonjolkan wisata alam, pantai dan lautan sebagai destinasinya. Bahkan pemerintah Kabupaten Selayar berharap kedepan potensi bahari yang ada di Selayar akan bisa menjadikan selayar sebagai ‘Pusat Destinasi Pariwisata Bahari di Indonesia’.   (Eky Fajrin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker