DomestikHot NewsNews

Lion Air Investigasi Kasus Pilot Bawa Istri Ke Dalam Kokpit

Infopenerbangan,- Seorang penumpang Lion Air mengaku memergoki penumpang lainnya bebas memasuki kokpit saat pesawat sedang mengudara. Citra Rienanti menceritakan pengalamannya itu di akun Facebook-nya dan menjadi viral.

Di Facebook-nya, Citra mengaku menjadi penumpang pesawat JT Lion 015 penerbangan Denpasar-Jakarta pada 23 Mei 2017. Citra menceritakan, saat itu pesawat terlambat terbang sekitar 1,5 jam.

Citra juga sempat beradu pendapat dengan istri sang pilot.

Dia menduga sudah jadi kebiasaan pilot membawa masuk istri dan keluarganya ke dalam kokpit. Hal ini dinilai berbahaya, apalagi ada ratusan penumpang dalam pesawat JT 015 dari Denpasar ke Jakarta yang ditumpanginya.

Tulisan Citra ini segera menjadi viral di media sosial. Lion Air mengaku sudah menghubungi Citra untuk meminta maaf.

“Terkait dengan adanya laporan dari penumpang di sosial media yang menyatakan bahwa melihat adanya orang lain selain petugas yang masuk ke cockpit pada saat penerbangan berlangsung, perlu kami jelaskan bahwa kami telah menghubungi penumpang yang bersangkutan dan telah meminta maaf atas ketidak nyamanan yang dialami sekaligus berterima kasih atas laporan yang diberikan,” kata Manajer PR Lion Air Andi M Saladin dalam keterangan pers, Rabu (24/5).

Pihak Lion Air akan melakukan investigasi terkait hal ini. Andi menjelaskan di dalam peraturan perusahaan, selain petugas maka tidak dapat memasuki cockpit pada saat penerbangan berlangsung.

“Apabila ditemukan pelanggaran maka Pilot yang bertugas akan diberikan sanksi tegas,” kata pihak Lion.

Seperti diketahui, Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Indonesia memperbolehkan selain kru pesawat untuk menempati jumpseat jika ada tiga izin yaitu, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, dari Company (perusahaan maskapai), dan Pilot in Command (pilot yang bertugas). (*/NP)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker