DomestikInternasionalNewsRagam

Maskapai Asing Incar Bandar Udara Silangit Jadi Hub Penerbangan

infopenerbangan.com – Lokasi Bandar Udara Silangit, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara  terbilang strategis, sejumlah maskapai penerbangan asing berminat untuk menjadikan sebagai hub penerbangan.  Maskapai yang berminat diantaranya berasal dari Malaysia, Singapura dan Tiongkok, demikian diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Bandara Silangit memiliki kapasitas 500 ribu penumpang per tahun dan dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina), landasan pacu 2.650 x 30 meter, dan PCN (tingkat kekerasan landasan) yang bisa mengakomodasi pesawat berbadan sempit sejenis Airbus A320 dan Boeing 737-800.

“Ada yang berkeinginan untuk menjadikan Bandara Silangit sebagai hub penerbangan internasional,” ujar Luhut , dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (30/11).

Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada beberapa waktu lalu. Jokowi juga menginstruksikan bawahannya untuk memperpanjang landasan pacu (runway) Bandara Silangit dari 2.650 meter persegi menjadi 3 ribu meter persegi sebelum 2020. Tak hanya itu, Jokowi juga ingin memperluas terminal Bandara Silangit dari 3 ribu meter persegi menjadi 10 ribu meter persegi.

Jokowi menilai bandara ini nantinya bisa meningkatkan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.(*/Eky Fajrin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker