China Eastern/ REUTERS/Aly Song

Infopenerbangan,- Tiga maskapai penerbangan milik negara China mulai mengalihkan aktivitas penerbangan langsung dari China menuju luar negeri dan fokus ke rute-rute domestik.

Ketiga maskapai tersebut adalah Air China Ltd, China Eastern Airlines Corp, dan China Southern Airlines Co.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Administrasi Penerbangan Sipil China, lalu lintas penerbangan domestik di China, berhasil melonjak 16,7% pada Mei, atau menjadi lonjakan paling besar selama dua tahun terakhir.

“Berdasarkan data terbaru ini, kami melihat bahwa kini penerbangan domestik jauh lebih menguntungkan. Ketika sebuah maskapai, saat  ini, memfokuskan pada aktivitas penerbangan dalam negeri, maka mereka akan mendapat keuntungan yang lebih besar,” kata Andrew Lee,  Analis di Jefferies Group LLC, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (4/9/2017).

Kapasitas kursi untuk rute penerbangan lokal China Southern melonjak 8,9%  pada paruh pertama tahun ini dari 2,4% pada periode yang sama tahun lalu, namun tetap merugi karena sedang melakukan restrukturisasi perusahaan sedangkan China Eastern mendapat kenaikan laba bersih sebesar 28% menjadi 4,1 miliar yuan pada semester I/2017.

Kondisi serupa juga terjadi pada Air China yang berkantor pusat di Beijing, di mana labanya naik 9% menjadi 3,8 miliar yuan. (*/NP)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here