DomestikHighlight

Memilih Duduk di Kursi Bagian Tengah

Dalam penerbangan komersial, pada umumnya pesawat berbadan kecil (narrow body) kursi dibagi dalam 3-3 atau 3-2. Ada pe­numpang yang lebih suka di samping jendela, ada juga yang berada di bagian pinggir (lorong). Namun, bagian tengah juga tak kalah kenyamanannya.

Berikut tujuh tips untuk Anda yang duduk di bagian tengah.

1. Tidur Tegak
Jika meja di depan tidak nyaman digunakan untuk tidur, pilihlah bantal perjalanan untuk tubuh Anda, baik itu bantal leher standar, bantal bahu (wrapping travelrest) atau sebuah jaket yang dijadikan bantal. Hal ini tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk menyewa bantal di pesawat.

2. Menggunakan Headphone
Hanya beberapa jam, sebuah headphone menjadi sahabat terbaik yaitu dengan memutar musik atau video yang dapat merelaksasikan pikiran dan tubuh Anda saat duduk di kursi bagian tengah.

3. Mengklaim Wilayah Anda
Jika Anda sedang terjepit di antara sesama penumpang, ruang pribadi Anda tidak harus menjadi sangat terbatas. Anda bisa menandai dengan menyandarkan kedua tangan Anda di sandaran tangan di kanan dan kiri. Deng­an cara ini, penumpang di sam­ping Anda bisa mengenali bahwa daerah itu adalah daerah “kekuasaan” Anda.

4. Melegakan Ruang Lutut di Depan Anda
Berbicara tentang mengklaim ruang, lutut Anda juga perlu dirilekskan. Dalam jarak dekat seperti itu, setiap inchi selalu dihitung. Bagi yang mempunyai badan tinggi, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan pelindung lutut untuk menahan kursi di depan Anda. Selain itu, secara sopan Anda bisa meminta penumpang di depan Anda menegakkan kembali sandaran kursinya jika benar-benar mengganggu Anda.

5. Tetap Sibuk
Pernah melihat bagaimana orang saat terbang tetap terlihat sibuk? Menonton film, membaca, atau bermain. Apa pun yang Anda lakukan, dapat saja agar Anda terhibur dan terhindar dari rasa kebosanan sebelum pilot mengumumkan “fasten your seatbelt” tanda persiapan mendarat.

6. Membawa “Survival Kit”
Terlepas dari kursi bagian mana yang Anda duduki – tetapi terutama jika itu kursi tengah – membawa beberapa barang boleh saja selama itu menunjang kenyamanan penerbangan Anda seperti masker mata, alat elektronik (tablet, laptop atau gameboy), headphone, bahan bacaan non elektronik atau buku teka-teki, sweater atau jaket serta camilan.

7. Lebih Baik Lain Kali
Cara terbaik untuk menunjang kenyamanan duduk di penerbangan adalah sesuai keinginan Anda. Ada perusahaan yang memberlakukan penumpang memilih saat check-in atau membeli kursi saat web check-in deng­an harga tertentu.

(Foto: Dok. Aviasi)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker