DomestikHot NewsNews

Menhub Janji akan Kaji Rute Penerbangan Kupang-Darwin

Infopenerbangan– Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan mengkaji pembukaan rute penerbangan internasional Kupang (Nusa Tenggara Timur) – Darwin (Australia). Pengoperasian rute tersebut diperkirakan mempercepat lalu lintas penumpang dan ekspor ikan dari Ibu Kota NTT itu ke Timur Leste maupun Negeri Kangguru.

Hal itu disampaikan Budi untuk menanggapi permintaan Gubernur Provinsi NTT Frans Lebu Raya.

“Kami akan memastikan terlebih dahulu pembukaan rute penerbangan itu. Kami akan segera melakukan survei mulai dari logistiknya dan juga penumpangnya,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Minggu (10/9).

Selain itu, Menhub juga meminta kepada Gubernur NTT untuk segera mengumpulkan para nelayan dan pedagang-pedagang di Kupang. Ini untuk mengetahui potensi yang dimiliki daerah ini.

“Tahap pertama kita akan buat pengiriman ikan dan barang-barang tujuannya ke Jakarta dulu dan Surabaya. Dengan demikian¬†movement¬†barang-barang terutama angkutan balik tol laut itu terisi, karena selama ini isinya penumpang. Nanti kalau ikan besar-besar kita kirim ke luar negeri,” tambah dia.

Menanggapi ini, Gubernur Provinsi NTT, Frans Lebu Raya menyampaikan apresiasi kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang berupaya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan perekonomian dan konektivitas di NTT.

Frans mengharapkan, agar rute penerbangan Kupang- Dili- Darwin segera dibuka kembali. Menurut dia, rute penerbangan tersebut sempat beroperasi dan cukup diminati pada dasawarsa 1990-an.(*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker