Highlight

Pengerjaan Bandar Udara Moses di Kebut

Saat ini pengerjaan sejumlah fasilitas utama untuk pelayanan umum di Bandara Moses Kilangin Timika terus dilanjutkan tahun ini.

Kabid Perhubungan Udara, Dishubkominfo Mimika Yan S Purba menjelaskan Fasilitas utama itu mencakup terminal umum yang pembangunannya dibiayai dari sumber dana APBN. “Tahun ini kita lanjutkan pekerjaan struktur besi atas. Kalau tiang pancang dan slop bawah sudah dipasang tahun lalu. Pembangunan fasilitas terminal umum ditargetkan rampung pada akhir 2016 sehingga dapat digunakan mulai 2017,” jelas Purba.

Fasilitas lain yang sedang dikerjakan yaitu tempat parkir pesawat (apron) lanjutan 2015 seluas 200×100 meter persegi. Tahun 2014 telah dibangun fasilitas apron seluas 200×100 meter persegi dan telah dilakukan pengecekan oleh tim dari Direktorat Bandar Udara Kemenhub.

“Kita masih menunggu pernyataan resmi dari DBU Kemenhub apakah fasilitas apron yang sudah selesai dibangun bisa untuk digunakan atau tidak. Kami masih menunggu itu,” ujar Purba, seperti yang dikutip dari antaranews.

Terkait pengoperasian apron tersebut, katanya, sudah ada sekitar 6-7 operator penerbangan yang mengajukan permintaan ke Dishubkominfo Mimika untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut.

Pesawat-pesawat milik 6-7 operator penerbangan tersebut selama ini menggunakan fasilitas milik PT Freeport Indonesia yang berada di sisi utara Bandara Moses Kilangin Timika. Adapun fasilitas umum yang dibangun pemerintah, berada di sisi selatan Bandara Moses Kilangin Timika. (*/eq)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker