DomestikHighlightHot NewsNews

Pertamina Gandeng Garuda guna Pengoptimalan Aset

Infopenerbang – Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan sinergi antar BUMN telah menjadi salah satu perhatian utama jajaran manajemen Pertamina sebagai dasar untuk membangun kemitraan global yang lebih luas. Sinergi Pertamina dan Garuda Indonesia merupakan salah satu bentuk konkret  dukungan nyata Pertamina bagi kesuksesan program sinergi BUMN yang digulirkan Kementerian BUMN.

(Baca: Sinergi Aviasi Garuda Indonesia dan Pertamina)

“Pertamina yakin dengan adanya program sinergi ini, dimana salah satu bagian dari kerjasama tersebut adalah pemanfaatan aset Bandar Udara Pondok Cabe, akan bisa mendukung upaya membangkitkan kembali, bahkan mempercepat pengembangan Pelita Air Service (PAS) sebagai anak perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang aviasi,” kata Dwi.

Mantan Dirut Semen Indonesia ini menyebutkan, bandar udara Pondok Cabe memiliki luas 170 hektare. Kapasitas parkir lapangan udara tersebut dapat menampung 20 pesawat dari berbagai tipe.

”Selain itu, juga menyediakan slot untuk penerbangan komersial sebanyak 30 penerbangan per hari,” tandasnya. Selain pengelolaan bandar udara, kerja sama juga terkait dengan penjualan BBM jenis avtur dan biofuel kepada seluruh penerbangan Garuda, baik domestik maupun internasional.

Pertamina kini sedang melakukan pengaspalan ulang (overlay) runway dan melakukan renovasi dan pengembangan terminal untuk mendukung penerbangan Garuda Indonesia di bandar udara Pondok Cabe.

Sejalan dengan proyek renovasi, Garuda Indonesia dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan bersama-sama melakukan sertifikasi bandar udara Pondok Cabe agar memenuhi aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. (Fjn)

Foto: pertamina.com

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker