Hot NewsInternasionalNews

Pesawat Milik Tim Aerobatik Kerajaan Inggris Jatuh

Infopenerbangan,- Sebuah pesawat jenis Hawk T1 yang digunakan oleh tim aerobatik Angkatan Udara (AU) Kerajaan Inggris (RAF) jatuh di Pangkalan Udara Vallen Royal, Wales, Selasa 20 Maret 2018 sore.

Dilaporkan ada dua orang berada dalam pesawat tersebut ketika kecelakaan terjadi. Seorang teknisi dilaporkan tewas, sementara pilot menyelamatkan diri dengan keluar menggunakan kursi pelontar sebelum pesawat jatuh di area bandara.

Saat itu diketahui bahwa para awak Red Arrow berada di pangkalan Anglesey guna pelatihan rutin simulator Hawk.

Pesawat-pesawat tersebut baru saja lepas landas menuju RAF Scampton, pangkalan tim aerobatik, saat insiden terjadi.

“Dengan kesedihan mendalam RAF memastikan kematian seorang insinyur dari tim aerobatik RAF The Red Arrow dalam kecelakaan yang tragis hari ini,” kata Kapten Grup Nick Tucker-Lowe dalam pernyataannya seperti dilansir media Inggris,┬áHeart, Rabu (21/3).

“Pilot pesawat selamat dalam insiden dan saat ini mendapat perawatan medis,” kata Lowe.

Saksi mata mengatakan, pesawat sempat melakukan putaran sebelum jatuh menghantam landasan pacu, menyebabkan ledakan keras dan asap hitam membumbung tinggi. Sekitar 100 meter dari lokasi pesawat jatuh, tampak pilot mendarat menggunakan parasut.

Ini merupakan kecelakaan ketiga tim aerobatik tersebut sejak 2011. Dua kecelakaan lainnya terjadi pada 2011. Semua kecelakaan ini melibatkan pesawat yang termasuk sudah berumur, Hawk T1.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa mereka mengetahui insiden di RAF Valley yang melibatkan sebuat jet tempur Hawk.

“Kami menyelidiki insiden tersebut, dan saat ini belum tepat untuk berkomentar,” kata dia. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker