Hot NewsInternasionalNews

Pesawat Terbesar Di Dunia Siap Jalani Uji Coba

Infopenerbangan,- Pesawat terbesar di dunia, Stratolaunch akan melakukan uji coba penerbangan pertamanya. Pesawat ini memiliki lebar sayap lebih panjang dari lapangan sepak bola, dan melaju di landasan pacu dengan kecepatan 40 knot.

Setelah pengujian selesai, pesawat akan membawa satelit dan benda lainnya ke luar angkasa. Termasuk pesawat ruang angkasa ‘Dream Chaser’, yang bisa mengarahkan astronot atau muatan ke dan dari orbit Bumi yang rendah dalam waktu 24 jam.

Penciptanya yaitu Paul Allen yang juga pendiri Microsoft telah merancang pesawat sedemikian rupa sehingga memiliki lebar sayap seluas 385 kaki dan tinggi mencapai 50 kaki. Pesawat tersebut sudah mulai dipindahkan dari hanggarnya untuk menjalani serangkaian tes di landasan pacu.

Bila uji coba landasan pacu berhasil, maka pesawat yang menggunakan mesin berbeda dari Boeing 747 akan melakukan uji coba penerbangan secepatnya pada tahun depan. Dengan berat mencapai 226,7 ton, pesawat ini akan terus menjalani uji coba di Mojave Air and Space Port di California.

Luas sayapnya mencapai 875 meter persegi dan memiliki kapasitas penumpang 469 orang. Sayangnya, pesawat ini hanya akan digunakan untuk meluncurkan roket yang membawa satelit ke angkasa. Roket tersebut menempel di perut pesawat dan akan keluar saat pesawat berada di ketinggian 35.000 kaki.

Hingga saat ini memang belum bisa dipastikan waktu yang tepat untuk pesawat beroperasi. Namun pihak perancang yakin pesawat ini sudah siap terbang dalam satu dekade ke depan. Demikian seperti yang dilansir dari Travel and Leisure, Kamis (1/3/2018). (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker