Air Berlin

Infopenerbangan,- Maskapai Air Berlin terpaksa membatalkan puluhan penerbangan, Selasa (12/9/2017), penyebabnya, para pilot maskapai yang telah bangkrut itu tiba-tiba jatuh sakit dalam waktu nyaris bersamaan, yang tidak biasanya terjadi.

“Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang dialami penumpang kami,” demikian pernyataan maskapai tersebut di situsnya, seperti dikutip AFP.

Dilansir Reuters, Selasa (12/9/2017), Pembatalan ini terjadi di beberapa bandara di Jerman, termasuk Berlin Tegel, Duesseldorf, Hamburg dan Cologne. Baik penerbangan domestik maupun internasional terpengaruh dengan kondisi ini, termasuk penerbangan antara Berlin dan Los Angeles, atau Dubai.

Tidak hanya Air Berlin, Anak perusahaan Lufthansa untuk penerbangan murah, Eurowings, yang menyewa pesawat terbang serta pilot dan kru dari Air Berlin, juga terpaksa membatalkan beberapa penerbangan. Juru bicara Eurowings menyatakan, pihaknya memperkirakan akan ada pembatalan penerbangan jarak pendek sebagai dampak dari banyaknya pilot Air Berlin yang jatuh sakit.

Namun Eurowings menyatakan tetap akan mengoperasikan 650 penerbangan yang telah dijadwalkan untuk Selasa (12/9). Alasannya, dibutuhkan banyak langkah seperti pembookingan ulang penumpang ke penerbangan lain, atau mengalihkan perjalanan dengan kereta api, atau mengerahkan pesawat dan awak lain yang standby.

Air Berlin mengajukan kebangkrutan pada pertengahan Agustus lalu. Kondisi itu terjadi setelah pemegang saham utama Air Berlin, maskapai Etihad menghentikan pasokan keuangannya.

Untuk membuat maskapai itu tetap terbang, Pemerintah Jerman memberikan pinjaman dana sebesar 150 juta euro yang akan dipakai selama tiga bulan ke depan. (*/NP)

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here