DomestikHighlightHot NewsInternasional

Rinjani Erupsi, Bandar Udara Ngurah Rai ditutup

Pusat erupsi Gunung Rinjani berada di Gunung Barujari. Gunung Barujari merupakan anak Gunung Rinjani yang tumbuh dalam kalderanya, atau kawah gunungnya. Di dalam kaldera Gunung Rinjani ada Danau Segara Anak dan disampingnya ada anak Gunung Rinjani, namanya Barujari. Status Gunung Rinjani saat ini dipatok Waspada atau Level II sejak 25 Oktober 2015 pukul 13.00 WITA akibat letusan di Barujari.
Kini Abu letusan Gunung Barujari mengganggu penerbangan di Bandar Udara Ngurah Rai karena arah angin yang berhembus dominan ke arah barat dan barat laut,  sekitaran Pulau Bali. Tinggi Barujari 2.300 meter, ditambah seribu meter kolom letusan jadi lebih dari 3 kilometeran. Abunya menyebar ke arah barat dan barat daya ke arah Pulau Bali. Hingga saat ini asap letusan Gunung Barujari masih mengepul.
Akibatnya kemarin, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup. Penutupan bandara ini dimulai pukul 19.30Wita hingga pukul 23.30 Wita berdasarkan Notamn A2468/15. Dengan penutupan ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai tidak melayani seluruh penerbangan yang akan mendarat maupun berangkat dari Bali baik rute domestik maupun rute internasional.
Berkenaan dengan hal ini, para penumpang diminta untuk mengatur ulang jadwal penerbangan sampai dua atau tiga hari kedepan. Hingga kini maskapai yang terbang ke bandar udara Ngurah Rai terpaksa membatalkan penerbangannya.
BMKG memprediksi akan terjadi erupsi susulan./Yhn

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker