Hot NewsInternasionalNews

Sebuah Drone Sebabkan Sejumlah Penerbangan Dialihkan

Infopenerbangan,- Akibat sebuah drone yang terbang di dekat bandara, beberapa jadwal penerbangan di bandara Gatwick London Inggris sempat mengalami gangguan pada Minggu (2/7/17).

Lima penerbangan dialihkan ke bandara lain dan landasan pacu juga terpaksa harus ditutup sebanyak dua kali, yakni sembilan menit dan lima menit.

Dilansir dari The Guardian, empat penerbangan yang dialihkan merupakan penerbangan Eeasyjet, kemudian British Airways mengalihkan satu penerbangannya ke Bournemouth.

“Operasi landasan pacu di Gatwick dihentikan antara pukul 18:10 dan 18:19, dan yang kedua pada pukul 18:36 sampai 18:41, mengakibatkan sejumlah pesawat harus melakukan go-around dan pengalihan,” menurut keterangan pihak bandara.

Terbangnya drone di dekat bandara sehingga mengganggu jadwal penerbangan bukanlah pertama kali terjadi di Inggris. Pada April lalu, setidaknya ada lima laporan yang tercatat mengenai permasalahan drone.

Otoritas Penerbangan Sipil Inggris mengatakan ada menindak tegas bagi orang-orang yang melanggar peraturan saat menerbangkan drone.

“Pengguna Drone harus mengerti bahwa ketika drone terbang di langit, mereka berpotensi terbang mendekati salah satu wilayah udara tersibuk  di dunia,” sebut keterangan tersebut.

“Ini adalah sistem kompleks yang menyatukan semua jenis pesawat termasuk pesawat terbang penumpang, jet militer, helikopter, pesawat layang dan pesawat ringan,” sambungnya.

“Sangat tidak dapat diterima untuk menerbangkan pesawat tak berawak ke bandara dan bagi siapa pun yang melanggar peraturan ini akan menghadapi hukuman berat termasuk hukuman penjara,” tutup pernyataan tersebut. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker